Alasan Yang Bikin Susah Bangun Pagi | Breaktime
Apa Ya, Yang Bikin Susah Bangun Pagi?
30.12.2015

Tuntutan pekerjaan yang tidak seperti masa-masa sekolah menyebabkan Anda menyepelekan waktu tidur. “Ah, nanti juga bisa begadang malam ini,” itu salah satu kalimat andalah B’timers ketika menghadapi deadline kantor yang ketat. Kebiasaan ketika kuliah juga mempengaruhi Anda hingga saat ini. Jam kuliah yang masuk kadang siang hingga sore membuat B’timers tidak terlatih untuk bangun pagi. Padahal bangun ketika matahari masih belum menampakkan kepalanya membuat tubuh Anda lebih segar dan siap menghadapi hari. B’timers tidak perlu kelabakan lari  menuju tempat kerja dan Anda tidak akan melewatkan sarapan setiap pagi.

“Mudah bangun pagi kalau orang tidak punya pekerjaan!” Eits, siapa bilang? Bukan masalah Anda memiliki pekerjaan atau tidak, namun hal ini mempengaruhi gaya hidup dan pola gerak tubuh Anda. Faktanya orang yang bangun pagi lebih sehat dan ceria sepanjang hari, lho! Sekarang tinggal bagaimana Anda memulai untuk menghadapi hari dengan bangun lebih pagi dari biasanya.

Istirahatkan tubuh Anda

Alasan Yang Bikin Susah Bangun Pagi | Breaktime
Sesibuk apapun Anda tidurlah yang cukup

Tidur bukanlah prioritas lagi bagi B’timers berjam terbang tinggi. Anda meletakkan tidur berada di list paling bawah dalam to do list. Gantilah to do list Anda terlebih dahulu. Tubuh Anda sudah bekerja selama lebih dari 12 jam setiap harinya, bukankah tidur setidaknya 6 jam sudah cukup menjadi reward yang besar bagi tubuh Anda? Sepulang dari beraktivitas segera bersihkan diri Anda, dan menata tidur. Meskipun ada banyak tugas, Anda bisa mengerjakannya saat membuka mata nanti. Biarkan otak B’timers mengisi energy untuk hari berikutnya.

Sarapan Cukup Protein

Alasan Yang Bikin Susah Bangun Pagi | Breaktime
Protein sebagai sumber energi Anda

Tidur mendorong gula darah dan metabolisme B’timers menjadi sangat rendah, maka dari itu Anda harus mengisi sumber energy dalam tubuh. Comot makanan tinggi protein seperti daging atau sayuran tepat setelah Anda bangun. Tubuh Anda akan ke-charge lebih cepat dengan metode ini. B’timers juga akan lebih kuat dalam menghadapi aktivitas berat Anda selama seharian nanti.

Ajak Diri Anda Bergerak

Alasan Yang Bikin Susah Bangun Pagi | Breaktime
Yoga setiap pagi membantu jam tubuh lebih aktif saat pagi

Tubuh yang sehat tidak hanya dari makanan, tetapi juga dari olahraga yang rutin dilakukan. Melakukan rutin olahraga setiap pagi akan mendorong tubuh Anda secara tidak sadar untuk bangun lebih pagi dan mengajak Anda melakukan kebiasaan pagi Anda. Melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan sekeliling kompleks atau angkat barbell kecil tentu mengatur otak Anda lebih aktif saat pagi.

Bangun pagi bagai bertarung dengan jam tubuh Anda. Jika pola tubuh Anda sudah terbiasa dengan bangun kesiangan, maka butuh perjuangan untuk membiasakan bangun pagi setiap hari. Tidak mudah memang, namun pembiasaan agar jam tubuh B’timers kembali ke pola awal saat masa sekolah. Sekarang B’timers sudah siap untuk bangun lebih pagi? (ft)

Share This Article