Apa Manfaat Kesehatan yang Tersembunyi di Balik Probiotik? | Breaktime
Apa Manfaat Kesehatan yang Tersembunyi di Balik Probiotik?
04.10.2015

Mungkin istilah “probiotik” tidak terdengar begitu asing bagi B’timers. Namun, tahukah Anda apa itu? Probiotik merupakan sejenis mikroorganisme atau bakteri yang bisa dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan. Sering dijadikan campuran bahan untuk makanan dan minuman, probiotik terkandung dalam suplemen diet serta makanan seperti yogurt dan produk fermentasi lainnya. Nah, apa saja ya, manfaat probiotik untuk kesehatan? Ini dia:

Mengatasi masalah pencernaan

Probiotik dapat membantu mengatasi diare, terutama yang disebabkan oleh infeksi serta yang terjadi akibat penggunaan antibiotik. Selain itu, berdasarkan studi tahun 2010 yang diterbitkan di World Journal of Gastroenterology, jenis probiotik yang bernama B.lactics dan L.casei mampu memperbaiki konsistensi feses dan frekuensi pergerakan usus saat kita mengalami sembelit.

Memberi kekebalan terhadap flu dan demam

Bakteri yang ada di usus besar sangat mempengaruhi sistem kekebalan, lho. Sementara, probiotik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan, termasuk vaksin flu. Menurut penelitian tahun 2012 yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, sejumlah probiotik mampu membantu meningkatkan respon sistem kekebalan.

Probiotik adalah bakteri yang menyehatkan tubuh
Probiotik adalah bakteri yang menyehatkan tubuh

Menurunkan berat badan

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2011, orang yang meminum susu fermentasi yang mengandung probiotik Lactobacillus gasseri selama 12 minggu, mengalami penurunan berat badan serta pengurangan lemak, dibandingkan mereka yang tidak rutin meminumnya.

Menjaga kesehatan oral

Tak hanya dalam pencernaan, bakteri berkembang di mana-mana termasuk di mulut. Probiotik juga dapat berperan menyehatkan mulut, contohnya dengan mengurangi resiko penyakit gusi dan gigi, infeksi tenggorokan dan bau nafas tak sedap. Namun, bukan berarti mengonsumsi probiotik dapat serta merta menggantikan fungsi menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang, ya.

Selain manfaat probiotik yang disebutkan tadi, masih ada kelebihan lainnya untuk kesehatan. Probiotik mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol, mengatasi kondisi kulit seperti eczema, mengatasi maag dan infeksi saluran kemih, menyehatkan organ vagina, mencegah kanker usus besar, bahkan mampu mengurangi depresi dan kegelisahan.

Nah, tak selamanya bakteri membahayakan kesehatan, bukan? B’timers bisa mendapat manfaat kesehatan probiotik dari yogurt dan minuman fermentasi lainnya. Be friendly with it and be healthy.

Share This Article