Keuntungan Melahirkan di Usia di Atas 40 Tahun? | Breaktime
Apa Keuntungan Melahirkan di Usia di Atas 40 Tahun?
29.02.2016

Dengan gaya hidup saat ini, semakin banyak wanita yang memutuskan untuk menunda kehamilan demi karir. Padahal, menurut para ahli kesehatan, setelah wanita berumur 45 tahun, hampir mustahil untuk hamil menggunakan telur sendiri. Anda sendiri, mungkin karena mitos yang dikatakan orangtua, menjadi khawatir jika sampai usia 40 tahun belum memiliki keturunan.

Hmm, tapi tunggu dulu, B’timers, nyatanya banyak wanita berusia di atas 40 tahun yang hamil, kok. Beberapa di antaranya menggunakan perawatan kesuburan, sementara lainnya tidak. Tapi, melahirkan di usia di atas 40 tahun diungkapkan memiliki banyak keuntungan, lho. Seperti apa saja, sih, keuntungan tersebut?

1.Lebih berpengalaman

Keuntungan terbesar dari menunggu untuk memiliki anak sampai Anda mencapai usia matang, adalah Anda memiliki waktu untuk mendewasa, belajar dan melihat dunia. Selain itu saat berusia 40 tahun, Anda sudah mencapai kemapanan finansial dan lebih nyaman dalam karir. Bahkan Anda juga memiliki kesempatan bersama pasangan untuk mengenal satu sama lain dalam berbagai situasi. Dan hal tersebut dapat menjadi dasar kuat untuk membesarkan keluarga.

2.Lebih bijaksana

Ada beberapa bukti, bahwa ibu yang lebih tua, secara umum lebih berpendidikan dibandingkan dengan ibu muda. Hal itu akan memudahkan Anda dalam membuat sebuah keputusan dengan lebih bijaksana. Yang paling penting, Anda akan memiliki waktu untuk menyusui. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association, wanita yang melahirkan di usia di atas 40 tahun dapat membuat pilihan gizi sehat untuk anak-anak.

3.Lebih aman secara finansial

Menunggu untuk memiliki anak juga memiliki manfaat keuangan, lho, B’timers. Sebuah studi di Amerika menemukan, bahwa pendapatan seorang wanita meningkat sebanyak 9 % untuk setiap tahun dia menunda memiliki anak.

Keuntungan Melahirkan di Usia di Atas 40 Tahun? | Breaktime
Menjadi orangtua harus memiliki kestabilan finansial

Menurut seorang terapis pernikahan dan keluarga di Denver, Susan Heitler, orangtua di usia 40-an akan lebih fokus pada anak-anak mereka daripada orangtua muda. Mereka mempunyai waktu untuk belajar banyak hal. Seperti bagaimana menjadi orangtua yang bijaksana dan sabar.

Meski disebutkan, untuk melahirkan di usia di atas 40 tahun akan sangat beresiko bagi ibu dan bayi, dengan rajin berkonsultasi pada dokter, B’timers akan mendapatkan bayi sehat yang lucu. (NO)

Share This Article