Apa Itu Pengobatan Holistik? Ini Penjelasannya! | Breaktime
Apa Itu Pengobatan Holistik? Ini Penjelasannya!
22.05.2016

Ada banyak pengobatan yang bisa dilakukan di seluruh dunia. Mulai dari perawatan secara medis hingga alternatif. Namun, semua itu bisa saja tidak berhasil jika kesehatan emosi dan pikiran juga diabaikan. Itulah yang diyakini oleh pengobatan holistik menerapkan segala macam aspek untuk pengobatan.

Tentang pengobatan holistik

Pengobatan holistik adalah bentuk penyembuhan melalui seluruh tubuh manusia termasuk pikiran, jiwa dan emosi untuk mencapai kesehatan dan kesejahteraan yang optimal. Mudahnya, pengobatan ini tidak hanya berfokus pada pengobatan secara fisik saja melainkan melibatkan emosi.

Praktisi pengobatan holistik percaya bahwa seluruh “komponen” dalam diri manusia akan saling terpengaruh. Sederhananya, jika orang memiliki ketidakseimbangan baik secara fisik, emosional atau spiritual dalam kehidupan mereka itu bisa berpengaruh negative pada kesehatan mereka secara keseluruhan.

Apa Itu Pengobatan Holistik? Ini Penjelasannya! | Breaktime
Tak hanya mengobati gejala, namun menuntaskan penyebab

Untuk mengobati pasien, seorang dokter holistik dapat menggunakan segala bentuk perawatan kesehatan. Mulai dari obat konvensional hingga terapi alternative. Sebagai contoh, ketika Anda menderita sakit kepala migrain dan mengunjungi dokter holistik. Alih-alih hanya akan diberi obat, dokter mungkin juga akan melihat semua faktor potensial yang dapat menyebabkan sakit kepala Anda tersebut.

Prinsip pengobatan Holostik

Pengobatan holistik didasarkan pada keyakinan bahwa cinta tanpa syarat dan dukungan dari orang-orang sekitar adalah penyembuh yang paling kuat. Pikiran positif harus dimiliki sebagai bentuk tanggung jawab untuk kesehatan dan kesejahteraannya sendiri. Nah, berikut ini prinsip-prinsip lain dari pengobatan holistic, B’timers.

  • Semua orang memiliki kekuatan penyembuhan bawaan.
  • Pasien adalah orang, bukan penyakit.
  • Penyembuhan mengambil pendekatan team work yang melibatkan pasien dan dokter, dan membahas semua aspek kehidupan seseorang dengan menggunakan berbagai praktek perawatan kesehatan.
  • Pengobatan berfokus pada penyebab penyakit, bukan hanya mengurangi gejala.
Apa Itu Pengobatan Holistik? Ini Penjelasannya! | Breaktime
Riwayat kesehatan emosi dan fisik pasien harus diketahui

Jenis perawatan yang diberikan

Praktisi holistik menggunakan berbagai teknik pengobatan untuk membantu pasien mereka mengambil tanggung jawab terhadap kesehatan mereka yang lebih optimal. Tergantung pada pelatihan yang didapatkan praktisi holistik.

Beberapa hal penting yang bisa membantu pengobatan holistik adalah keingan pasien untuk merubahan gaya hidup dan perawatan diri agar kesehatan meningkat. Ini mungkin termasuk diet, olahraga, psikoterapi dan konseling spiritual. Lebih banyak lagi, dokter holistik juga menerapkan terapi komplementer dan alternatif lain seperti akupunktur, perawatan chiropractic, homeopati, terapi pijat, naturopati dan lain-lain. (nap)

Share This Article