Apa itu HPV dan Bagaimana Cara Menyembuhkannya? | Breaktime

KONSULTASI KESEHATAN

dr. Yosefin Eka

dr. Yosefin Eka,S.Ked adalah alumni FK Universitas Brawijaya Malang. Ia pernah mengikuti Pelatihan Emergency Life Support di RS. Hasan Sadikin Bandung, serta Pelatihan dan Workshop Kulit Kelamin & Estetik Medik di FK Univ. Sebelas Maret 2015.

Apa itu HPV dan Bagaimana Cara Menyembuhkannya?
08.12.2015
“bagaimana cara menghilangkan bekas luka(hitam)akibat alergi kosmetik? jika laki-laki menderita gejala hpv apakah akan cepat sembuh jika diatasi&berapa lama dia akan sembuh?”

Lea Mungiel, Perempuan, Brebes

Alergi kosmetik disebabkan frekuensi kontak yang sering dengan sejumlah kecil bahan-bahan dalam kosmetik yang menyebabkan alergi atau disebut dermatitis kontak iritan, sehingga bahan-bahan tersebut menyebabkan sel-sel kulit menghasilkan melanin sehingga warna kulit menjadi semakin gelap di area tersebut. Alergi dapat ditandai dengan kemerahan, bengkak, gatal, hingga berwarna kehitaman, atau abu-abu. Area yang mengalami alergi ini dapat menjadi semakin hitam jika terkena paparan sinar ultraviolet (UV).

Penanganan untuk alergi tersebut adalah tentunya dengan menyetop penggunaan bahan-bahan kosmetik yang menyebabkan alergi tersebut sehingga tidak kambuh (gunakan bahan-bahan kosmetik yang hypo-allergenic), untuk pengobatannya dapat digunakan hydroquionone 2-5%, dikombinasi dengan tretinoin, selain itu dapat  gunakan obat glycolic acid, dan untuk membantu memudarkan gunakan Sunblock (untuk mencegah paparan sinar ultraviolet).

Apa itu HPV dan Bagaimana Cara Menyembuhkannya? | Breaktime
Hentikan segera pemakaian kosmetik jika terbukti menimbulkan alergi

HPV / Human Pappiloma Virus merupakan penyebab tumor kulit bagian epidermis/lapisan kulit bagian permukaan dan membran mukosa (cth:rahim). Bagian-bagian tersering yang terkena HPV:

  • Daerah Anogenital (daerah sekitar kelamin, dan anus)

Biasanya dapat berbintil-bintil kecil, berbentuk bulat hingga berdungkul-dungkul tak beraturan tapi tidak nyeri, terkadang dapat gatal maupun berdarah. Kelainan ini disebut kutil kelamin. Penularan terjadi Jika berhubungan seks dengan penderita kutil kelamin ini.

  • Daerah Cervical / leher rahim
  • Kanker anus

50% pria homoseksual dapat terkena kanker anus. Perilaku seks anal baik pria maupun wanita dapat menyebabkan terjadinya kanker anus.

Namun saat ini lokasi bagian tubuh yang terkena tidak hanya daerah kelamin, namun dapat mengenai area sekitar mulut disebabkan perilaku oral seks dengan penderita HPV

Penangannya dapat dilakukan dengan obat-obatan yang bersifat anti kanker, dioleskan yaitu Trichloracetic acid 1-2x / minggu dioleskan pada area yang terkena, atau disuntik dengan bleomycin. Setelah diobati penderita harus absen berhubungan seks hingga luka sembuh. Penyembuhan tiap penderita bervariasi tergantung dari besar area yang diobati, dan kedalamannya daerah tersebut. Dan yang paling berperan penting adalah tergantung dai daya tahan tubuh penderita, dan ditunjang dengan menjaga kebersihan area yang terkena. Namun patut diingat setelah sembuh, penderita harus melakukan pola hidup sehat dan kegiatan seks yang aman. 

Share This Article