Apa Itu Down Syndrome dan Bagaimana Mencegahnya? | Breaktime
Apa Itu Down Syndrome dan Bagaimana Mencegahnya?
23.08.2015
Hallo Dok. Saya ,mau bertanya, apa penyebab untuk anak down syndrom? Hal-hal apa sajakah yang harus dihindari untuk memperkecil kemungkinan anak down syndrom? Terima Kasih





Nani Suryanto (24), Malang

Pertama-tama yang harus kita pahami terlebih dahulu adalah pengertian down syndrome. Down syndrome (DS) merupakan sekumpulan gejala yang timbul karena kelebihan kromosom 21. Pada orang normal, kromosom 21 seharusnya hanya berjumlah sepasang, namun pada penderita down syndrome, kromosom 21 berjumlah 3 buah.

Ciri fisik yang bisa diamati dari luar dan paling jelas pada anak dengan DS adalah Mongoloid face (jarak kedua mata berjauhan, posisi telinga rendah, hidung pesek, lidah tebal, dll). Kelainan-kelainan yang mengikuti adalah jari-jari tangan kaki yang memendek, otot-otot yang lemah, kelainan jantung, kelainan sistem pencernaan, keterbelakangan mental, dan masih banyak yang lainnya.

Anak dengan DS memiliki ciri fisik yang mudah dikenali
Anak dengan DS memiliki ciri fisik yang mudah dikenali

Jadi dari pengertiannya, dapat kita pahami bahwa sebenarnya penyebab DS adalah murni kelainan kromosom, bukan faktor-faktor lain dari luar yang dapat dicegah atau dihindari.

Yang dapat Nani lakukan untuk memperkecil kemungkinan DS pada bayi yang akan dilahirkan antara lain:

  • Jika memungkinkan, hindari kehamilan saat sudah berusia di atas 35 tahun. Semakin tua usia wanita saat mengandung, risiko melahirkan anak dengan DS semakin tinggi.
  • Deteksi dini sejak awal kehamilan juga dapat dilakukan. Salah satunya dengan mengambil air ketuban (amniosentesis) untuk melihat apakah bayi yang dikandung menderita DS atau tidak. Berbagai jenis deteksi dilakukan hanya untuk mengetahui apakah bayi mengalami DS atau tidak, bukan untuk mencegahnya.

Semoga bermanfaat!

Share This Article