Jika Terlalu Banyak Tidur Apa Efek Kesehatannya? | Breaktime
Apa Akibatnya Bagi Kesehatan Jika Kita Terlalu Banyak Tidur?
06.01.2016

Tidur merupakan cara tubuh untuk membuang racun, membuat tubuh stabil, serta menjaga stamina. Dalam sehari, manusia dewasa disarankan tidur selama 7 hingga 9 jam. Jangka waktu tersebut, dirasa cukup bagi tubuh. Karena terlalu banyak tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Apa saja, ya?

Meningkatkan risiko depresi

Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada 2014 silam, menemukan bahwa durasi tidur yang panjang dapat meningkatkan gejala depresi. Dalam penelitian tersebut, peserta yang tidur selama tujuh hingga Sembilan jam memiliki risiko 27 persen gejala depesi. Sedangkan peserta yang tidur lebih dari 9 jam memiliki risiko hingga 49 persen.

Jika Terlalu Banyak Tidur Apa Efek Kesehatannya? | Breaktime
Tidur lebih dari Sembilan jam akan menyebabkan kerusakan pada otak

Merusak otak

Tidur seharusnya menjadi cara untuk menjaga kesehatan otak. Namun, terlalu banyak tidur dapat menurunkan fungsi otak yang semakin memburuk dalam periode enam tahun. Tidur lebih dari sembilan jam akan menyebabkan perubahan di otak yang setara dengan penuaan dua tahun. Kerusakan ini juga dapat terjadi jika Anda tidur kurang dari 5 jam dalam sehari.

Menyebabkan gangguan kesuburan

Tidur dan gangguan kesuburan secara sederhana memang tak ada hubungannya. Namun, kebiasaan tidur tentu sangat berpengaruh terhadap ritme sirkadian, sekresi hormon, dan siklus menstruasi.

Pada 2013 silam, peneliti di Korea menganalisa kebiasaan tidur lebih dari 650 wanita yang menjalani fertilisasi in vitro. Hasilnya, tingkat kehamilan tertinggi diperoleh oleh wanita yang tidur selama tujuh hingga delapan jam. Sedangkan kehamilan terendah terjadi pada wanita yang tidur sembilan hingga 11 jam perhari.

Meningkatkan risiko diabetes dan obesitas

Penelitian kecil di Quebec, menemukan bahwa tidur malam lebih dari delapan jam, dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 ataupun gangguan toleransi glukosa selama periode 6 tahun hingga 2 kali lipat.

Penelitian ini, juga menemukan bahwa tidur terlalu lama akan menyebabkan peningkatan berat badan. Bahkan selama penelitian, mereka yang tidur Sembilan hingga 10 jam per malam akan mendapatkan 5 kilogram berat badan, bahkan setelah mengendalikan asupan makanan dan aktivitas fisik mereka.

Jika Terlalu Banyak Tidur Apa Efek Kesehatannya? | Breaktime
Berat badan akan lebih mudah meningkat ketika Anda tidur berlebih

Menyebabkan masalah pada jantung

Penelitian yang dipresentasikan dalam pertemuan 2012 American College of Cardiology, tidur delapan jam atau lebih berkaitan dengan peningkatan risiko masalah jantung. Penelitian yang melibatkan lebih dari 3.000 orang tersebut, menemukan bahwa tidur panjang dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner.

Memperpendek umur

Tahukah Anda bahwa tidur berlebihan dapat menyebabkan kematian? Dalam 16 penelitian berbeda yang melibatkat 1.382.999 peserta, ditemukan bahwa tidur terlalu lama akan menyebabkan peningkatan risiko kematian.

Fakta kesehatan tersebut, tentu mengingatkan kita untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, tidak kurang maupun berlebihan. (dfr)

Share This Article