Ampuh, Pakai Obat Bisul Salep Ini! | Breaktime
Ampuh, Pakai Obat Bisul Salep Ini!
04.07.2017

Bisul adalah salah satu penyakit ringan yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Ada banyak penyebab bisul muncul pada beberapa bagian tubuh Anda. Mulai dari udara yang kotor hingga makanan yang dikonsumsi. Mungkin B’timers tidak terlalu pusing menghadapi penyakit yang satu ini, karena ada banyak obat untuk menyembuhkan, salah satunya obat bisul salep. Meski begitu, penyakit bisul tidak bisa disepelekan.

Bagi sebagian orang, bisul memang bisa hilang dan sembuh dengan sendirinya. Namun, sebagian lainnya bisa juga mengalami bisul berlanjut menjadi infeksi sekunder. Itu berarti infeksi menyebar hingga lapisan kulit paling dalam. Hal tersebut bisa lebih berbahaya jika infeksi menyebar ke aliran darah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Menyembuhkan Bisul dalam 3 Langkah Mudah

Untuk mengobati bisul, Anda bisa menggunakan obat atau perawatan medis khusus dan melakukan perawatan sendiri. Jika memutuskan untuk merawat sendiri Anda hanya perlu mengompres bisul dengan air hangat selama 10 menit selama tiga atau empat kali sehari.

Suhu panas mampu meningkatkan jumlah darah yang beredar di sekitar bisul. Nantinya akan lebih banyak sel-sel darah putih yang bertugas melawan bakteri penyebab infeksi. Saat bisul matang dan mengeluarkan nanah, tutup dengan kasa steril dan jangan lupa untuk rajin-rajin menggantinya.

Bisul sendiri ternyata terdiri dari dua jenis, yaitu furunkel dan carbuncle. Furunkel adalah bisul tunggal akibat infeksi bakteri pada folikel rambut di kulit mana saja, kecuali telapak tangan dan kaki. Seiring waktu, nanah terbentuk di dalam bisul dan menyebabkan furunkel tumbuh lebih besar serta menyakitkan. Bisul jenis ini biasanya memakan waktu selama dua minggu sampai tiga minggu.

Carbuncle adalah kumpulan dari beberapa bisul yang menyatu. Banyak folikel rambut berdekatan dan mengalami infeksi. Bisul jenis ini sering timbul pada bagian punggung, paha, atau belakang leher. Bahkan Anda juga akan mengalami gejala lain seperti demam, meriang, dan lemas.

Ampuh, Pakai Obat Bisul Salep Ini! | Breaktime
Ichtyol jadi salah satu obat bisul salep paling populer
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Ampuh Mengobati Bisul Pada Anak

Nah, untuk cara lainnya, Anda bisa menggunakan obat bisul salep yang dijual di apotek-apotek. Tapi jangan salah pilih. Ada beberapa jenis salep yang ampuh meringankan peradangan pada bisul Anda. Apa saja, ya?

Benzocaine

Salep ini membantu meredakan rasa sakit pada bisul. Anda hanya perlu mengoleskan sedikit salep di bagian bisul dan sekitarnya. Jika menggunakannya dalam dosis besar justru bisa menimbulkan efek samping. Benzocaine digunakan atas saran dokter.

Mupirocin

Salep ini merupakan antibiotik topikal untuk menyembuhkan bisul dengan cepat. Antibiotik ini efektif untuk melawan bakteri penyebab bisul. Anda bisa menerapkan salep ini sebanyak tiga kali dalam sehari. Oleskan secara tipis saja selama dua minggu. Jangan digunakan untuk jangka panjang, karena akan menyebabkan resistensi bakteri pada antibiotik. Efek sampingnya adalah rasa sakit, terbakar, gatal, dan menyengat, hingga ruam di kulit.

Gentamisin

Salep ini mengandung antibiotik yang mampu menyembuhkan kulit terinfeksi. Oleskan secara tipis sebanyak tiga sampai empat kali sehari. Jangan gunakan lebih dari dua minggu, karena juga bisa meningkatkan risiko resistensi bakteri. Meski demikian, Anda tidak akan mengalami efek samping.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sembuh Singkat Lewat Aneka Obat Tradisional Bisul

Ichtyol

Obat bisul salep yang satu ini sangat populer, karena mengandung ichtammolum 10% yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, antibakteri, dan antifungsi. Oleskan tipis sebanyak 2 – 3 kali sehari. Jika berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Beberapa jenis obat bisul salep tersebut bisa B’timers gunakan sesuai anjuran dokter. Semoga bermanfaat, ya! (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE