Ampuh! Ini Cara Mencegah Diabetes Secara Alami | Breaktime
Ampuh! Ini Cara Mencegah Diabetes Secara Alami
20.11.2017

Mendengar nama penyakit ‘diabetes’ rasanya pasti langsung aware, ya. Diabetes sendiri merupakan penyakit kronis yang bisa dialami oleh siapa saja di seluruh dunia. Pada kasus-kasus yang sudah tidak terkendali dan sulit ditangani, bisa sampai menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, sakit jantung dan kondisi serius lainnya. Tapi tenang B’timers, ada berbagai cara mencegah diabetes secara alami.

Diabetes sendiri sebelum bisa terdiagnosa, kadang hanya terdeteksi sebagai gula darah yang tinggi. tapi, tingginya gula darah ini belum cukup untuk didiagnosa sebagai diabetes. Kondisi seperti ini biasa disebut dengan ‘prediabetes’. Diperkirakan hingga 70 persen orang yang mengalami kondisi prediabetes bisa berkembang menjadi diabetes tipe 2.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sering Menahan Kencing? Awas Muncul Gejala Ini

Namun, menurut sebuah jurnal yang diterbitkan dalam American Diabetes Association, prediabetes yang berubah menjadi diabetes ini bukannya tidak bisa dihindari. Meski ada banyak faktor pasti yang tidak bisa diubah, seperti genetik, usia atau pola hidup yang dulu, sebenarnya ada banyak tindakan yang bisa Anda lakukan untuk memangkas risiko diabetes.

Yang pertama, kurangi asupan makanan berkabohidrat dan banyak mengandung gula. Kedua jenis makanan ini dengan mudah diuraikan menjadi molekul kecil gula dan terserap ke dalam aliran darah. Gula darah pun meningkat dan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin, sejenis hormon yang membantu gula keluar dari aliran darah dan menuju ke sel-sel tubuh.

Ampuh! Ini Cara Mencegah Diabetes Secara Alami | Breaktime
Cara mencegah diabetes secara alami dengan mengurangi makanan manis

Pada prediabetes, sel-sel tubuh menolak aksi insulin ini, sehingga gula darah tetap tinggi. akhirnya, pankreas memproduksi lebih banyak insulin, untuk menurunkan gula darah ke kadar normal dan sehat. Seiring berjalannya waktu, ini membuat gula darah dan insulin sama-sama melonjak, lalu berubahlah menjadi kondisi diabetes tipe 2.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sering Menahan Kencing? Awas Muncul Gejala Ini

Karena ini pula, cara mencegah diabetes secara alami berikutnya yaitu memperbanyak konsumsi makanan berserat. Buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, lalu biji-bijian, akan sangat baik dikonsumsi. Ada baiknya Anda mencatat apa saja menu makanan yang Anda makan, supaya tahu seperti apa pola makan Anda, terutama keseimbangan karbohidrat dan seratnya.

By the way, kenapa serat? Karena serat lebih sulit untuk dicerna, sehingga menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. Jadi, Anda takkan makan berlebihan lagi jika banyak makan serat. Selain serat, Anda juga perlu memperbanyak makanan yang mengandung lemak baik.

Fungsi lemak baik ini selain menggantikan karbohidrat, juga menyehatkan jantung, otak, memperlancar regulasi genetik dan mencegah kanker. Kandungan lemak baik bisa Anda dapatkan dari makanan seperti alpukat, kacang-kacangan organik, minyak kelapa, minyak zaitun, daging hewan yang makan rumput dan masih banyak lagi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ketahui Penyebab Kanker Payudara Pria

Kalau sudah teratur soal makanan, kebiasaan yang perlu rutin dilakukan adalah olahraga. Mungkin kita masih sering penasaran apa efek olahraga untuk diabetes. Rupanya, semakin tubuh kita bergerak, sel-sel tubuh akan semakin sensitif terhadap leptin

Ampuh! Ini Cara Mencegah Diabetes Secara Alami | Breaktime
Tidur yang cukup juga penting untuk cara mencegah diabetes secara alami

Kalau tubuh sudah sensitif terhadap leptin, maka ini akan mengurangi kemungkinan tubuh yang menolak insulin, sehingga ikut menurunkan risiko diabetes. Karena itu, olahraga itu penting sekali buat kesehatan. Banyak olahraga juga harus diimbangi dengan banyak minum air putih.

Hidrasi yang cukup membuat liver mengeluarkan hormon yang menaikkan gula darah. Sehingga semakin tubuh terhidrasi, maka kadar gula darah akan semakin rendah secara alami. Jangan lupa juga, B’timers, berdamailah dengan stres Anda. Ini juga penting. Karena saat stres, tubuh memproduksi kortisol dan glukagon, keduanya bisa mempengaruhi gula darah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kabar Baik Mencegah Kanker Serviks Lebih Mudah

Kendalikan stres Anda dengan berolahraga, meditasi, yoga, berdoa juga, serta mencoba memperbaiki teknik pernapasan. Terakhir, kebiasaan paling sederhana yang kadang sulit dilakukan, yakni tidur yang cukup. Karena, kurang tidur bisa mengurangi kepekaan tubuh terhadap insulin, sehingga membuat berat badan mudah naik, dan meningkatkan risiko diabetes.

Gimana B’timers? Sudah siap menjalankan kebiasaan-kebiasaan sehat untuk cara mencegah diabetes secara alami, ya.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE