Ampuh, Cara Memutihkan Gigi Secara Alami! | Breaktime
Ampuh, Cara Memutihkan Gigi Secara Alami!
08.09.2017

Menjaga kesehatan memang menjadi impian setiap orang. Bahkan tak hanya menjaga bagian dan organ tubuh yang umum saja, tetapi kesehatan gigi menjadi modal penting masyarakat urban saat ini. Bahkan bisa dibilang menjadi trend kecantikan dan kesehatan baru dengan melakukan bleaching gigi dan veneer. Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan gigi ini juga tidak murah.

Namun, apakah memutihkan gigi dengan dua cara tersebut cukup aman? Atau mungkin B’timers bisa melakukan cara memutihkan gigi secara alami yang lebih aman? Daripada terus bertanya-tanya, cari tahu semuanya dari ulasan berikut ini, yuk.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Mengatasi Demam Pada Anak Ini Keliru!

Secara medis, prosedur memutihkan gigi bisa dilakukan jika memiliki masalah pada gigi seperti matinya saraf sampai dengan tujuan estetika dan kecantikan. Namun, perlu diingat bahwa melakukan pemutihan gigi di salon-salon kecantikan tanpa arahan dokter bisa berisiko membahayakan kesehatan gigi Anda.

Bisa saja cetakan yang dibuat dokter tidak terpasang dengan tepat. Hal tersebut bisa menyebabkan gusi melepuh karena gel pemutih yang bocor. Risiko tersebut juga bisa terjadi dengan produk pemutih gigi yang dijual bebas. Bahkan produk tersebut dinilai tidak efektif untuk memutihkan gigi. Pemutih gigi atau bleaching sendiri mengandung peroksida yang bisa menyebabkan gigi sensitif, iritasi gusi, hingga kerusakan enamel atau email gigi. Jadi, kalau mau aman ya pergi saja ke dokter gigi.

Tetapi, kalau Anda was-was dengan teknik medis memutihkan gigi, Anda bisa menggunakan cara memutihkan gigi alami dengan menggunakan bahan-bahan yang biasa ditemui di dapur. Apa saja sih obat memutihkan gigi secara alami yang bisa digunakan?

Ampuh, Cara Memutihkan Gigi Secara Alami! | Breaktime
Cara memutihkan gigi secara alami dengan rajin gosok gigi
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Gejala Penyakit Jantung yang Sering Disepelekan

Awali dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut

Sikat gigi minimal dua kali sehari menjadi salah satu cara memutihkan gigi yang umum dan sederhana. Dengan menyikat gigi secara rutin, Anda bisa mencegah noda menempel dan menghilangkan plak pada gigi. Kemudian Anda bisa melengkapinya dengan benang untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan obat kumur setiap hari.

Baking soda ternyata juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi

Sebagai cara memutihkan gigi secara alami dengan bahan-bahan di rumah, cobalah menggunakan baking soda. Anda bisa membuat pasta dari baking soda. Terdiri dari campuran satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air. Gunakan bahan tersebut selama beberapa kali dalam satu minggu. Baking soda bisa juga dijadikan obat kumur. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan satu gelas air. Gunakan untuk berkumur selama 2 – 3 menit.

Tak hanya baking soda, garam juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi

Selain baking soda, garam juga bisa dibagai sebagai cara untuk memutihkan gigi secara alami. Campurkan ½ sendok teh garam laut dengan 30 ml air. Sikat gigi Anda selama 3 – 5 menit menggunakan air garam tersebut dengan rutin. Garam tak hanya memutihkan gigi tetapi juga mampu meningkatkan keseimbangan kadar PH mulut. Kandungan garam juga bisa menjaga kesehatan mulut dari kuman dan bakteri.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Penyebab Gigi Kita Menjadi Kuning, Apa Sajakah?

Manfaatkan asam malat dari buah-buahan

Asam malat adalah zat alami yang memang banyak digunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Asam malat bisa didapatkan dari buah-buahan seperti jus apel hijau dan stroberi. Buah stroberi bisa dibuat pasta dengan mencampur 2 – 3 buah dan ½ sendok baking soda. Tetapi perlu diingat bahwa stroberi juga mengandung asam sitrat. Jika kedua asam ini bertemu bisa berpotensi merusak enamel, sehingga campurkan juga dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Itulah beberapa cara memutihkan gigi secara alami. Anda bisa melakukan hal lainnya seperti mengatur pola makan, mengurangi minum kopi, teh, dan soda, berhenti merokok, dan meminimalisir penggunaan obat tertentu. Dengan begitu, B’timers bisa tampil cantik dan sehat tanpa perlu keluar banyak biaya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE