Bolehkah Membersihkan Telinga dengan Cutton Bud? | Breaktime
Amankah Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud?
14.07.2015
Dok, apakah benar membersihkan telinga dengan cotton-bud itu justru tidak disarankan? Jika iya, apakah ada cara aman untuk membersihkan telinga tanpa harus ke dokter?





Swedho Martono, (27), Malang

Sebenarnya, membersihkan telinga dengan cotton bud memang tidak dianjurkan karena berisiko menimbulkan luka dan infeksi pada gendang telinga. Terlebih lagi, yang sering kita anggap sebagai kotoran telinga sebenarnya merupakan produk alami yang dihasilkan oleh kelenjar pada liang telinga, bernama serumen. Nah, serumen ini berguna untuk menangkap debu, bakteri, atau binatang agar tidak masuk ke bagian telinga yang lebih dalam.

Normalnya, telinga memiliki mekanisme untuk membersihkan diri, jadi secara alami kotoran telinga bisa terdorong keluar dengan sendirinya tanpa harus dipaksa. Tapi jika Anda merasa telinga sangat gatal dan terpaksa untuk membersihkannya sendiri, lakukanlah dengan cara yang benar. Pertama, hindari memasukkan benda-benda tajam dan kasar ke dalam telinga. Kedua, jangan membersihkan telinga hingga ke bagian yang terlalu dalam karena berisiko mendorong kotoran ke arah gendang telinga.

Hindari memasukkan benda tajam ke dalam telinga
Hindari memasukkan benda tajam ke dalam telinga

Menyeka bagian telinga yang gatal dengan handuk hangat merupakan cara yang paling aman. Namun jika cara ini tak bisa menjangkau bagian yang gatal, Anda bisa menggunakan cotton bud yang telah dibasahi air hangat. Tapi ingat, gerakkan cotton bud dengan perlahan dan lembut agar tidak melukai gendang telinga.

Apabila rasa gatal tak juga mereda, lebih baik kunjungi dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Share This Article