Amankah Melatonin Pada Anak Agar Ia Terlelap? | Breaktime
Amankah Memberikan Melatonin Pada Anak Agar Ia Terlelap?
25.11.2015

Punya buah hati yang masih balita dan sulit tidur malam itu bisa jadi cobaan tersendiri, ya. Betapa tidak, B’timers harus menenangkan mereka hingga terlelap agar punya kesempatan untuk istirahat. Namun, bila membacakan buku cerita tak mempan, mendekapnya juga tak bikin ia tertidur, memberikan melatonin pada si Kecil sering terpaksa dilakukan. Namun, amankah pilihan ini?

Menurut hasil penelitian dari National Sleep Foundation, Virginia, hingga saat ini belum ada kasus yang dilaporkan akibat penyalahgunaan aatau overdosis melatonin pada anak. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan takaran dosis yang aman untuk diberikan.

Menurut Kathleen Berchelmann, M.D, seorang dokter di Children’s Hospital, St. Louis, Amerika Serikat menuturkan, melatonin sebaiknya diberikan untuk sementara saja. Anak-anak membutuhkan waktu tidur selama 11 hingga 14 jam sehingga efek yang dihasilkan oleh melatonin sebaiknya tak lebih dari durasi jam-jam tersebut.

Amankah Melatonin Pada Anak Agar Ia Terlelap? | Breaktime
Anak bisa tidur nyenyak dengan dosis melatonin tepat

Namun sebelum memberikannya, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter anak kepercayaan Anda. Dokter akan menyarankan dosis yang tepat sesui dengan kondisi dan usai buah hati. Pihak dari University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa dosis melatonin untuk anak di bawah usia 15 tahun adalah kurang dari 0,3 mg per hari.

Karena pemakaiannya hanya bersifat sementara, ada baiknya pula Anda mengkondisikan keadan agar si Kecil bisa tidur secara alami. Yap, ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan untuk membuat anak tidur nyenyak tanpa merepotkan:

Saat siang, ajak anak bermain di luar yang terkena cahaya matahari. Ini berfungsi untuk memperkecil produksi melatonin di siang hari dan meningkatkannya di malam hari.

  • Redupkan lampu 30 menit sebelum masuk jam tidur anak
  • Jauhkan anak dari berbagai gadget yang membuat perhatiannya teralihkan
  • Hindari memberikan anak makan malam berlebihan

Pada akhirnya, pemberian melatonin dalam dosis yang tepat untuk bantu anak terlelap tidak jadi masalah. Namun, perlahan-lahan cobalah untuk melepaskan anak dari ketergantungan melatonin dengan mengkondisikan lingkungan tidur yang nyenyak secara alami. (vsc)

Share This Article