All About Malaria: Causes, Symptoms, And Treatment
All About Malaria: Causes, Symptoms, Treatment
28.02.2015

Pernahkah B’timers menjumpai keluarga atau rekan kerja yang terserang malaria? Penyakit yang dibawa oleh nyamuk Anopheles ini harus diwaspadai karena dapat menyerang otak dan hati. Apabila gejala malaria yang telah dirasakan oleh penderita tidak segera mendapatkan pertolongan, akibat fatal yang bisa terjadi yaitu kematian.

Supaya tak sampai mengalami hal ini, tak ada salahnya Anda kenali serba-serbi penyakit malaria yang sudah Breaktime rangkum dalam informasi berikut ini:

Penyebab Malaria

All About Malaria: Causes, Symptoms,  Treatment

Malaria merupakan penyakit infeksi yang diakibatkan adanya parasit Plasmodium yang ditinggalkan oleh nyamuk Anopheles. Plasmodium yang menempel pada tubuh akan menyerang hati dan kemudian menginfeksi sel darah merah. Setelah terjadi gigitan pertama, tanda awal malaria belum tampak dan penderita masuk dalam fase inkubasi. Biasanya, gejala malaria akan muncul setelah 7-18 hari berikutnya.

Gejala Malaria

All About Malaria: Causes, Symptoms,  Treatment

Gejala-gejala terserang Malaria yang bisa dengan mudah dikenali antara lain menderita pilek dan batuk secara tiba-tiba, mengalami demam tinggi hingga 40 derajat celcius, menggigil yang disertai dengan keringat, serta merasakan nyeri otot terutama bagian persendian. Selain itu, diare, muntah, dan sakit kepala hebat juga bisa menjadi gejala terserang Malaria.

Pengobatan penderita Malaria

All About Malaria: Causes, Symptoms,  Treatment

Perawatan yang diberikan kepada penderita malaria berbeda-beda tergantung dari jenis malaria yang dideritanya. Secara umum, dokter akan menyarankan penderita untuk banyak makan dan mengonsumsi sajian bergizi tinggi. Obat yang biasanya diberikan oleh dokter yaitu kina, riamet, dan malarone. Jangan sesekali B’timers mengonsumsi obat tersebut tanpa resep dokter karena efek yang ditimbulkan bisa berbahaya.

Yang terpenting, selalu pertahankan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan jaga kebersihan lingkungan supaya tak jadi tempat bersarang nyamuk. Be careful and stay healthy, B’timers!

Share This Article