Alasan Wajib Tahu Sebab Tangan Sering Kesemutan | Breaktime
Alasan Wajib Tahu Sebab Tangan Sering Kesemutan
27.11.2016

Sensasi seperti ada ribuan jarum yang merayapi tangan atau kaki mungkin sudah sering Anda alami, ya, B’timers? Biasanya hal ini terjadi ketika kita baru bangun tidur dalam posisi yang canggung. Hal itu tentu sangat mengganggu. Terlebih ketika kita mencoba memindahkan posisi, rasa tak nyaman semakin bikin emosi terbakar. Dan jika Anda terlalu sering kesemutan, mungkin ini saatnya konsultasi ke dokter.

Dan saat seseorang mengeluhkan mati rasa atau kesemutan di tangan ataupun kaki, ada baiknya mereka coba mencari tahu apa penyebab di baliknya. Karena dengan mengidentifikasi alasan di balik kesemutan itu, kita bisa mengetahui langkah selanjutnya yang perlu dilakukan. Nah, jangan justru Anda abaikan jika mengalami tangan sering kesemutan, ya? Mungkin berikut ini adalah penyebabnya, B’timers!

Alasan Wajib Tahu Sebab Tangan Sering Kesemutan | Breaktime
Nyeri punggung bisa jadi alasan utama tangan kesemutan

Saraf terjepit di leher atau punggung

Jika Anda merasakan nyeri dan kesemutan yang menjalar dari leher ke lengan ataupun dari punggung ke kaki, besar kemungkinannya Anda mengalami saraf terjepit yang diakibatkan oleh cedera, postur tubuh yang buruk atau kondisi medis tertentu, seperti arthritis. Terapi fisik atau obat, seperti gabapentin, bisa membantu Anda untuk mengatasinya.

Tubuh kekurangan salah satu jenis vitamin

Apabila kesemutan yang terjadi di kedua tangan Anda, sangat besar kemungkinannya Anda kekurangan Vitamin B12, B’timers. Selain tangan yang sering kesemutan, tanda lain dari kekurangan asupan vitamin ini adalah tubuh mudah lelah dan lesu. Selain itu mungkin Anda akan mengalami kondisi anemia. Untuk mengatasinya tambahan asupan dari suplemen B12 sangat dibutuhkan.

Baca juga : JANGAN PANIK! INI TIPS MENGOBATI SARAF TERJEPIT!

Carpal tunnel syndrome

Terlalu banyak mengetik, bekerja dengan alat-alat listrik juga dapat menyebabkan kondisi tangan sering kesemutan, lho, B’timers. Gerakan atau getaran berulang mempengaruhi saraf pada pergelangan tangan Anda, yang akan menyebabkan timbulnya rasa kesemutan di tangan. Anda baiknya ubah aktivitas harian Anda. Dan atasi kesemutan dengan terapi fisik, obat anti inflamasi atau operasi.

Alasan Wajib Tahu Sebab Tangan Sering Kesemutan | Breaktime
Lakukan pemeriksaan darah untuk ketahui kadar gula

Diabetes

Kadar gula darah yang terlalu tinggi akan menjadi racun bagi saraf Anda. Dan ternyata hal tersebut bisa mengakibatkan terjadinya kesemutan tidak hanya di tangan, melainkan juga di kaki, B’timers. Tanda lain dari kondisi diabetes adalah rasa haus atau lapar yang berlebihan, atau Anda sering buang air. Sebaiknya segera lakukan tes gula darah dan melakukan perubahan gaya hidup.

Kondisi hypothyroidism

Kurang aktifnya kelenjar tiroid juga dapat menyebabkan kesemutan di tangan ataupun di kaki, lho. Dan tanda lain yang bisa Anda perhatikan dari kondisi kurang aktifnya kelenjar tiroid adalah kelelahan, rasa peka terhadap cuaca dingin, berat badan yang tidak stabil, kulit kering dan rambut rontok. Lakukan tes darah untuk mengetahuinya. Jika perlu ambil asupan hormone tiroid sintetis.

Multiple sclerosis

Tanda terakhir dari kondisi tangan yang terlalu sering kesemutan adalah multiple sclerosis. Gejala ini juga biasanya disertai dengan gangguan pengelihatan ganda, rasa canggung atau kikuk, masalah pada usus. Dan untuk mengetahui apakah Anda menderita multiple sclerosis, tindakan MRI dapat dilakukan. Anda bisa mengonsumsi obat untuk mengatasi gejala dan menghambat pertumbuhan penyakit ini.

Baca juga : JANGAN MALAS! BERIKUT INI MANFAAT OLAHRAGA MALAM!

Untuk mengatasi tangan yang sering kesemutan

Kondisi tangan atau kaki yang terlalu sering kesemutan dan mati rasa sebenarnya dapat diatasi sesuai dengan penyebab di baliknya, B’timers. Itulah sebabnya penting melakukan pemeriksaan mendetail terhadap kondisi kesehatan Anda sebelum melakukan tindakan medis. Karena beraktivitas dengan tangan kesemutan tentunya sangat tidak nyaman. Berikut ini tips mengatasi tangan kesemutan:

Alasan Wajib Tahu Sebab Tangan Sering Kesemutan | Breaktime
Perbaiki gaya hidup untuk mengatasi tangan sering kesemutan
  • Usahakan kadar gula darah terkontrol
  • Perhatikan kebutuhan vitamin tubuh
  • Jaga berat badan ideal dan sehat
  • Hindari paparan racun
  • Ikuti program latihan medis
  • Konsumsi makanan diet seimbang
  • Hindari dan batasi konsumsi alkohol
  • Berhenti merokok

Nah, itulah sebabnya kita disarankan untuk tidak menyepelekan gejala tangan sering kesemutan, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE