Alasan Tak Terduga Mengapa Tubuh Terus-Menerus Merasa Lelah | Breaktime
Alasan Tak Terduga Mengapa Tubuh Terus-Menerus Merasa Lelah
22.09.2015

Tentu B’timers pernah merasa kelelahan dan harus berusaha keras melalui hari yang padat. Nah, mungkin saja di malam harinya Anda menonton film hingga larut sehingga kurang tidur. Ini bisa jadi penyebab Anda merasa lelah, namun terkadang rasa lelah yang dialami tubuh juga disebabkan faktor lain yang bahkan tak pernah Anda duga. Apa yang menyebabkan rasa lelah tak kunjung hilang? Mengapa tubuh terus merasa lelah?

Mengalami dehidrasi

Umumnya ini terjadi pada wanita. Meski tubuh sehat, namun jika 1,5% kebutuhan cairan tak terpenuhi, energi tubuh akan menurun dan mood berubah dengan cepat, demikian menurut hasil sebuah studi dalam Journal of Nutrition.

Kekurangan vitamin B12

Tubuh memerlukan vitamin B12 untuk membentuk sel darah dan menjaga neuron agar tetap berfungsi dengan baik. Kekurangan vitamin B12 akan menurunkan jumlah oksigen yang dapat diangkut dan diedarkan darah ke seluruh tubuh. Itulah yang membuat tubuh jadi lemas.

Terlalu stres

Normalnya, tingkat kortisol hormon stres mencapai puncak pada pagi hari dan turun drastis di malam hari. Namun, stres kronis dapat mengacaukan siklus ini dan membuat tubuh terus terjaga, sehingga tidur Anda pun jadi terganggu.

Kelelahan terjadi saat Anda berolahraga terlalu berat
Kelelahan terjadi saat Anda berolahraga terlalu berat

Kekurangan atau kelebihan zat besi

Anemia memang berujung pada kelelahan. Namun mengonsumsi banyak suplemen zat besi juga tak baik untuk kesehatan. Kurangnya zat besi menyebabkan sel darah merah tak terbentuk dengan baik sehingga tubuh ikut kekurangan oksigen yang beredar dalam pembuluh darah. Namun, kelebihan zat besi sama tak baiknya dan bisa membuat tubuh lemas.

Kurang olahraga

Jika dibarengi dengan stres kronis, duduk terlalu lama juga bisa menguras tenaga dan membuat Anda merasa sangat capek. Apalagi jika Anda menghabiskan waktu lama untuk duduk dan sangat jarang menggerakkan tubuh, Anda takkan bisa melepas penat dan tegang.

Olahraga terlalu berat

Di sisi lain, olahraga yang terlalu berat atau terlalu sering juga tak baik untuk kesehatan. Jika Anda berkeringat setiap hari karena olahraga, Anda akan mudah terserang lelah dan mengalami kesulitan tidur, itu berarti waktunya Anda berhenti sejenak dan benar-benar beristirahat.

Itulah penyebab tak terduga yang bisa memicu rasa lelah berlebih pada tubuh Anda. Karenanya, jika Anda sudah merasa terlalu lemas dan lesu, luangkan sejenak waktu Anda untuk beristirahat total dan mengembalikan energi tubuh. Take e good care of your healthy life, B’timers.

Share This Article