Alasan Mengapa Tidur Siang Bantu Tetap Fokus | Breaktime
Alasan Mengapa Tidur Siang Bantu Anda Tetap Fokus
26.03.2016
“The secret to becoming more productive is not managing your time but your energy” – Michael Hyatt

Masih ingat omelan ibu saat Anda menolak saat disuruh tidur siang ketika masih kecil, B’timers? Dan benarkah, tidak semua orang membutuhkan tidur siang? Karena banyak yang mengatakan, mereka tetap tidak merasa lebih baik setelah tidur siang. Padahal, sebenarnya Wah, padahal sebenarnya tidur siang bantu fokus lho, B’timers! Kok bisa? Ini alasannya:

Mengembalikan kewaspadaan

Pernah memperhatikan mengapa Anda selalu lelah menjelang siang, B’timers? Kantuk yang menyapa juga semakin membuat kehilangan fokus. The National Sleep Foundation merekomendasikan tidur siang singkat selama 20 hingga 30 menit untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Mencegah kelelahan

Semakin lama, kita dituntut untuk selalu bergerak tanpa istirahat. Dan ini akan mengarah timbulnya frustrasi dan kelelahan. Dengan tidur siang, tubuh seperti di-reboot ulang. Sehingga dapat membantu mengurangi stres, B’timers. Jadi fungsi kognitif akan membaik.

Alasan Mengapa Tidur Siang Bantu Tetap Fokus | Breaktime
Tidur siang tidak hanya untuk bayi saja, lho!

Menambah persepsi sensorik

Selain tidur siang bantu fokus, ternyata dapat mengembalikan sensitivitas penglihatan, pendengaran dan rasa, lho. Tidur siang juga meningkatkan kreativitas Anda dengan merelaksasikan pikiran, sehingga memungkinkan otak Anda bekerja dengan lebih sempurna.

Meningkatkan memori

Telah terbukti, bahwa tidur siang bermanfaat bagi proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian, mereka yang mendapatkan waktu untuk tidur di siang hari, terbukti dapat mengingat beberapa pola yang ditunjukkan dibanding mereka yang terjaga sepanjang hari, B’timers.

Membuat Anda lebih produktif

Rahasia untuk menjadi lebih produktif adalah dengan mengelola energi, B’timers. Sejumlah penelitian menunjukkan semakin siang, sejumlah pekerja menjadi kurang produktif. Hal lain juga dibuktikan studi dari Harvard University, dengan tidur siang selama 30 menit, akan mengembalikan kinerja Anda.

Alasan Mengapa Tidur Siang Bantu Tetap Fokus | Breaktime
Cukup tidur dapat membantu kita untuk tetap fokus

Meskipun sudah banyak penelitian yang mengatakan tidur siang bantu fokus, bukan berarti Anda bisa tidur selama yang Anda mau, ya, B’timers? Sebaiknya pelajari dahulu berapa lama Anda membutuhkan waktu untuk tertidur. Selain itu pelajari juga kapan sebaiknya Anda tidur siang. And, have a nice naps! (NO)

Share This Article