Alasan Medis Kenapa Tangan dan Jari Mudah Dingin | Breaktime
Alasan Medis Kenapa Tangan dan Jari Gampang Dingin
23.03.2016

B’timers, Anda tentu pernah mengalami kedinginan di jari-jari tangan dan kaki saat berada di ruangan ber-AC. Hal tersebut memang wajar terjadi apalagi jika cuaca sedang dingin. Namun jika terjadi saat musim hangat, apa yang terjadi? Daripada penasaran, langsung saja baca ulasan lengkap tentang alasan tangan dan jari gampang dingin berikut ini.

Jadi, apakah jari dingin tanda adanya penyakit?

Mungkin tidak. Pasalnya, jari-jari tangan dan kaki dingin cukup umum terjadi. Bahkan dalam kasus tertentu, hal itu justru bisa menjadi tanda kesehatan yang baik. Misalnya, orang dengan tekanan darah rendah tapi sehat, aliran darah mereka sering hanya terkonsentrasi di torso (batang tubuh), yang kemudian menjadi alasan tangan dan jari gampang dingin, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Jari-jari tangan dan kaki dingin bisa menjadi tanda bahwa Anda menderita sindrom Raynaud yang memang umum terjadi. Sindrom ini membuat jari-jari Anda mengalami penyempitan pembuluh darah yang kemudian membuat jari-jari sensitif dan mudah merasa dingin. Hal ini sangat wajar terjadi, apalagi saat memasuki musim dingin.

Alasan Medis Kenapa Tangan dan Jari Mudah Dingin | Breaktime
Jari-jari dingin sangat wajar terjadi

Meski umum, dingin di jari tangan dan kaki mungkin cukup mengganggu Anda. Nah, jika keluhan Anda hanya sebatas kedinginan di jari tangan dan kaki, maka yang perlu Anda lakukan adalah minum setidaknya delapan gelas air putih sehari untuk meningkatkan sirkulasi dan kehangatan. Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Steve Rosenbaum, MD, direktur medis dari penyakit umum di Baylor College of Medicine Clinic.

Kapan harus ke dokter?

Meski sering merasa dingin di jari-jari tangan dan kaki adalah hal yang wajar, namun ada baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apa yang terjadi. Meskipun demikian, Anda tidak harus langsung menemui dokter meski merasa sering kedinginan di jari tangan dan kaki, tanpa disertai tanda-tanda tertentu.

Alasan Medis Kenapa Tangan dan Jari Mudah Dingin | Breaktime
Hati-hati jika disertai dengan kerontokan rambut

Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter di antaranya jika Anda tetap sering kedinginan di jari tangan dan kaki meski sedang musim hangat. Apalagi jika disertai dengankerontokan rambut atau kehilangan memori yang bisa menjadi petunjuk bahwa Anda memiliki hipertiroid, mati rasa atau kesemutan bisa menandakan Anda mengalami defisiensi vitamin B12 dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami hal tersebut, segeralah menemui dokter Anda dan lakukan pemeriksaan serta pengobatan seperti yang dianjurkan.

Terakhir, semoga informasi tentang alasan tangan dan jari gampang dingin di atas bermanfaat untuk Anda ya, B’timers! (nap)

Share This Article