Alasan Kenapa Kita Harus Tersenyum Lebih Sering! | Breaktime
Alasan Kenapa Kita Harus Tersenyum Lebih Sering!
10.10.2016

Sejak pagi tadi berapa kali Anda tersenyum, B’timers? Well, tersenyum mungkin terlihat sebagai sebuah respon alami karena kita melihat sesuatu yang lucu. Padahal ada begitu banyak rahasia di balik senyum. Berdasarkan penelitian, dengan tersenyum, terpaksa atau tidak, mampu memberikan efek positif  pada suasana hati Anda, B’timers. Nah, berikut alasan kenapa kita harus tersenyum lebih sering!

Alasan Kenapa Kita Harus Tersenyum Lebih Sering! | Breaktime
Hiasi pagi Anda sengan senyuman tulus, ya, B’timers?

Neurotransmiter dilepaskan saat tersenyum

Gerakan otot di wajah ketika kita tersenyum dapat membuat otak melepaskan zat kimia penyebab rasa bahagia, lho. Bahkan hanya sekedar berpura-pura tersenyum atau tertawa tak membedakan reaksi dari otak dalam melepaskan neurotransmitter tersebut. Dengan tersenyum Anda akan merasa lebih santai.

Merasa lebih bahagia serta mengurangi stres

Anda mungkin sudah sering mendengar, bahwa rasa bahagia adalah pembunuh rasa sakit alami di tubuh kita, B’timers? Bahkan terbukti untuk mereka yang menderita penyakit kronis, hanya dengan tersenyum atau tertawa, dapat membantu mereka mengurangi rasa nyeri. Cobalah tersenyum ketika Anda terjatuh.

Baca juga : INI SISI KESEHATAN YANG ORANG KIDAL WAJIB TAHU!

Hormon kortisol penyebab stres berkurang

Dengan meningkatnya pelepasan hormon endorfin oleh tubuh, artinya produksi kortisol berkurang. Nah, kortisol ini lebih aktif ketika Anda merasa stres serta cemas, B’timers. Dan ini alasan kenapa kita harus tersenyum lebih sering. Meningkatkan hormon penyebab bahagia untuk mengurangi hormon sedih.

Alasan Kenapa Kita Harus Tersenyum Lebih Sering! | Breaktime
Dan jangan pernah lupa tersenyum juga di kantor

Cara paling efektif untuk melepaskan emosi

Hanya dengan tersenyum dapat membantu kita melepaskan emosi, B’timers. Terutama emosi yang bisa menyebabkan kita terkurung. Ingat saja, ketika Anda masih kecil dan merasa sedih. Obat paling mudah adalah dengan tersenyum, kan? Dengan senyuman, segalanya akan terlihat jauh lebih baik dan positif.

Ekspresi positif akan datangkan hidup positif

Kalau yang satu ini akan sangat berguna pada situasi yang penuh tantangan, B’timers. Misalnya saja saat Anda sedang mengikuti wawancara kerja. Senyuman menunjukkan kepercayaan diri serta kemampuan mengatasi masalah dengan baik. Anda pun bisa menemukan teman baru dengan memasang senyuman.

So, dengan banyaknya alasan kenapa kita harus tersenyum lebih sering, jangan merasa malas lagi untuk tersenyum meski sedang menjalani hari yang berat, ya, B’timers? (NO)

Share This Article