Ajaibnya Manfaat Kubis Ungu Bagi Kesehatan | Breaktime
Ajaibnya Manfaat Kubis Ungu Bagi Kesehatan
25.11.2017

Sayuran dan buah menjadi dua jenis makanan yang harus selalu ada dalam menu kita setiap hari. Termasuk salah satunya adalah bunga kol/kubis, khususnya kubis ungu. Tak disangka manfaat kubis ungu bagi kesehatan sangat luar biasa. Meski jarang ada di dapur para ibu, kubis ungu harusnya menjadi pemanis dalam makanan sehat B’timers dan keluarga. Tetapi rupanya warna pada sayuran Anda memiliki manfaat yang berbeda loh. Yes, warna ungu pada buah dan sayur memiliki kandungan nutris yang tak tanggung-tanggung, seperti yang ada pada kubis ungu. Apa saja ya kandungannya?

Warna ungu pada buah atau sayur tersebut berasal dari pigmen antosianin. Nah, warna ungu itupun mengandung beberapa nutrisi seperti antosianin, semacam senyawa yang melindungi sel dari sinar matahari. Pigmen ini bisa meningkatkan penglihatan Anda di malam hari. Selain itu, ada juga kandungan vitamin A, C, E, K, D, dan B kompleks. Riboflavin atau B2 juga ada pada sayuran berwarna ungu. Kandungan ini bermanfaat untuk membentuk sel darah merah, sumsum tulang, dan sistem saraf. Semua itu berfungsi untuk mencegah anemia.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Coffee-holics, Ini Bahaya Minum Kopi Setiap Hari

Masih banyak nutrisi yang terkandung dalam sayuran berwarna ungu seperti zat besi, selenium, ellagic acid, salicylates, dan resveratol. Nutrisi-nutrisi ini tak hanya ada pada kubis ungu saja, tetapi juga ada pada ubi ungu dan juga buah plum. Ubi ungu bisa mencegah dan memperlambat berbagai macam penyakit seperti polip, asam urat, hipertensi, alzheimer, kanker, sakit maag, jantung koroner dan banyak lainnya.

Manfaat hebat tersebut juga bisa didapat dari mengonsumsi rutin buah plum. Khasiat plum dapat memurnikan darah dan dianjurkan untuk Anda yang rentan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner. Plum juga dapat digunakan untuk mencegah sembelit, keram otot dan kelelahan saat berolahraga serta meningkatkan kesehatan mata. Bahkan buah unik ini dapat membuat kulit dan rambut menjadi tidak kusam. Lalu bagaimana dengan manfaat kubis ungu bagi kesehatan?

Ajaibnya Manfaat Kubis Ungu Bagi Kesehatan | Breaktime
Manfaat kubis ungu bagi kesehatan
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sepele tapi Mematikan; Ini Gejala Stroke Ringan

Bunga kol kaya akan beragam nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, kalori atau sumber energi, karbohidrat, protein, mangan, kalsium, kalium, dan thiamin atau vitamin B1. Mengonsumsi setengah cangkir kol yang sudah dimasak bahkan sudah dapat memenuhi sekitar 47% kebutuhan vitamin C harian. Selain itu, kol juga mengandung antioksidan kolin, beta-karoten, lutein dan zeaxanthin, serta flavonoid kaempferolquercetin, dan apigenin.

Kubis ungu mengandung senyawa antikanker yang bisa menurunkan risiko kanker dalam tubuh seseorang. Senyawa sulforaphane menghambat enzim berbahaya yang membuat sel kanker berkembang dalam tubuh. Beberapa penyakit kanker yang bisa dicegah adalah kanker kandung kemih, kanker usus, kanker perut, dan juga kanker paru-paru.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kenali Cara Mencegah Diabetes Saat Hamil

Kubis ungu juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Antioksidan anthocyanin yang mampu menekan peradangan yang menjadi penyebab penyakit kardiovaskular. Untuk para wanita, bunga kol juga bisa meredakan payudara yang nyeri dan bengkak. Biasanya hal ini terjadi pada pra menstruasi dan ibu menyusui. Manfaat lainnya adalah mengatasi sakit perut, bisul usus, asam lambung, asma, dan mencegah osteoporosis.

Jadi, setelah tahu manfaat kubis ungu bagi kesehatan, apakah B’timers akan mulai memasukkan jenis sayuran ini ke dalam masakan Anda? Pastinya, dong! (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE