Ini Fungsi Kaus untuk Pertolongan Pertama | Breaktime
Ajaib, Ini Fungsi Kaus untuk Pertolongan Pertama
21.05.2016

Pertolongan pertama pada kecelakaan memang dibutuhkan. Kapan saja terjadi insiden yang membuat cedera atau luka fisik, B’timers pasti mengandalkan kotak P3K, bukan? Entah saat jari terluka oleh pisau ketika mengiris sayuran, atau apapun. Nah, ternyata selain obat-obatan serta perlengkapan, Anda juga bisa memanfaatkan T-shirt alias kaus untuk dijadikan pertolongan pertama, lho! Kok bisa? Ya, ini caranya:

Menghentikan perdarahan

Saat terluka dan tak ada obat, Anda bisa memanfaatkan kaus untuk menghentikan perdarahan. Tekan pelan kaus pada area yang terluka agar kain dapat menyerap dan menghentikan darah yang terus keluar.

Menutup luka

Saat kulit terluka dan berdarah, menutupi luka adalah cara untuk melindungi kulit dari infeksi kuman dan bakteri. Anda bisa menggunakan kaus yang benar-benar bersih untuk menghentikan perdarahan sekaligus melilitkannya pada luka agar luka tertutup sementara dan terlindungi.

Mendinginkan suhu tubuh

Saat suhu sangat panas menyengat, B’timers bisa gunakan kaus untuk membantu mengatasi kepanasan dan kelelahan akibat temperatur yang tak bersahabat. Basahi kaus lalu pakai di badan, atau lingkarkan di leher Anda. Seiring air mengering, itu sekaligus menurunkan suhu badan Anda.

Ini Fungsi Kaus untuk Pertolongan Pertama   | Breaktime
Kaus punya manfaat lain yang ajaib untuk pertolongan pertama

Meredakan bengkak

Ya, kaus juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama untuk meredakan bengkak. Anda bisa gunakan es batu, menaruhnya di kaus, lalu dibungkus dan kompreskan di bagian tubuh yang mengalami bengkak. Kompres es yang dingin bisa membantu mengempiskan bengkak.

Untuk penutup mata

Untuk menjadikannya penutup mata, Anda bisa gunakan kaus yang bersih, lalu melipatnya hingga cukup tebal agar sempurna menutup mata. Pastikan kaus masih cukup panjang agar bisa diikatkan di belakang kepala, supaya mata bisa tertutup rapat. Ini bisa Anda lakukan saat mata lelah dan ingin mengistirahatkannya, atau saat tidur di malam hari agar lebih nyenyak.

Wah, ternyata kaus dapat berfungsi juga selain untuk berpakaian, ya. B’timers bisa nih, memanfaatkan kaus untuk pertolongan pertama, khususnya di rumah. Bisa dicoba! (md)

Share This Article