Adakah Makanan Enak Obat Alami Untuk Kolesterol? | Breaktime
Adakah Makanan Enak Obat Alami Untuk Kolesterol?
10.06.2017

B’timers, sejatinya artikel cara menurunkan kolesterol jahat secara alami memang sudah banyak beredar di dunia maya. Mereka utamanya mengulas bahwa kolesterol sejenis LDL mayoritas dipicu oleh jenis konsumsi makanan seseorang. Bagi Anda yang lebih memilih mengonsumsi makanan berkandungan lemak tinggi seperti gorengan, maka dapat dipastikan Anda mempunyai tingkat LDL yang lebih tinggi dibandingkan orang yang hobi menyantap menu sayuran. 

Kandungan serat yang tinggi dalam sayuran dapat menjadi obat alami untuk kolesterol sebab Ia melancarkan sistem pencernaan siapa saja. Bila sistem pencernaan lancar, maka lemak jahat penyebab kolesterol jadi gampang luruh dan terbuang dari dalam tubuh. 

Adakah Makanan Enak Obat Alami Untuk Kolesterol? | Breaktime
kolesterol merupakan pemicu banyak penyakit mematikan

Akan tetapi, faktanya tak semua orang gemar melahap sayur-sayuran, B’timers. Tak semua orang pula sudi untuk memakan makanan pereda kolesterol lainnya seperti bawang putih ataupun minyak zaitun. Alasannya sih bermacam-macam: ada yang karena faktor rasa hingga bahkan faktor alergi. Well, yang perlu Anda ketahui B’timers, sebenarnya makanan pembasmi kolesterol LDL juga ada kok yang enak-enak!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Makanan

Anda pasti tak percaya jika makanan selezat cokelat ternyata termasuk golongan makanan yang cholesterol-friendly. Usut punya usut, makanan yang mempunyai sensasi lembut meleleh kala sudah masuk di mulut ini toh kaya akan antioksidan. Pada tahun 2007 sudah pernah dilakukan sebuah studi yang diterbitkan di AJCN yang membuktikan bahwa cokelat mampu menggenjot produksi kolesterol baik alias HDL.

Kala itu para peserta penelitian dibagi menjadi dua, yakni kelompok pertama yang diberi konsumsi bubuk cokelat dan kelompok kedua yang tidak mengonsumsi bubuk cokelat sama sekali. Setelah 12 minggu, ternyata level kolesterol HDL para peserta di kelompok pertama meningkat hingga angka 24%. Sedangkan di kelompok kedua tingkat HDL mereka hanya meningkat sekitar 5% saja.

Adakah Makanan Enak Obat Alami Untuk Kolesterol? | Breaktime
cokelat adalah makanan juara dalam mengurangi kolesterol

Cokelat sebagai obat alami untuk kolesterol pun secara mengejutkan mampu mengelevasi level HDL hingga hampir lima kali lipat besarnya. Pasalnya, antioksidan dalam cokelat memang sangat berguna dalam menjaga pembuluh arteri agar tak tersumbat. Namun ingat, cokelat yang dikonsumsi haruslah cokelat dengan jenis murni, seperti contohnya dark chocolate alias bukan milk chocolate.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara dan Langkah Mudah untuk Turunkan Kolesterol

Selain cokelat, masih ada juga si buah alpukat. Sudah bukan rahasia lagi bila buah yang notabene sering dijadikan jus ini sarat akan kandungan lemak baik. Perlu diketahui jika buah yang satu ini amatlah tinggi kandungan MUFA-nya, yang mana membuatnya sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung. Masih belum cukup sampai disitu, buah yang juga lumer ketika masuk di mulut ini mempunyai kandungan beta-sitosterol yang melimpah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Efektif! Cara Mengobati Kolesterol Secara Alami!

Beta-sitosterol merupakan zat yang super ampuh dalam menumpas kolesterol jahat LDL dan memompa produksi kolesterol baik HDL. Terlepas dari segala kebaikannya terhadap tubuh dalam membasmi kolesterol, perlu diingat pula bahwa alpukat ini jumlah kalorinya cukup tinggi yakni mencapai 300 kalori per buahnya. Maka dari itu tetaplah waspada dalam mengontrol konsumsi buah alpukat Anda ya, B’timers.

Masih sama-sama yummy, di deretan terakhir ada barisan kacang-kacangan seperti kacang almond dan walnut. Bahkan untuk kacang walnut, sudah ada penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutiritionyang menjelaskanbahwa dengan mengonsumsi makanan tersebut sebanyak 1,5 ons selama enam hari berturut-turut, maka dalam satu bulan level kolesterol LDL pun akan berkurang hingga 9,3%. Wow! So amazing, right? Jadi, jangan ragu-ragu lagi untuk menjadikan kacang sebagai obat alami untuk kolesterol dan healthy snack Anda mulai sekarang, B’timers. (kps)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE