Ada Yoga Khusus untuk Bantu Sembuhkan Migrain? | Breaktime
Ada Yoga Khusus untuk Bantu Sembuhkan Migrain?
21.03.2016

Migrain merupakan penyakit yang sangat umum dialami oleh orang dewasa. The Migraine Research Foundation di Amerika menunjukkan bahwa sekitar 18 persen wanita dan 6 persen pria Amerika menderita sakit kepala migrain. Jadi, sudah bukan hal yang mengejutkan bahwa migrain adalah salah satu dari 8 penyakit yang paling sering dialami dan sulit disembuhkan di dunia.

Namun, baru-baru ini sebuah penelitian mengatakan bahwa ada setitik harapan bagi penderita migrain. Mereka mendapati bahwa ternyata yoga bisa digunakan sebagai metode mengatasi sakit kepala sebelah. Studi ini diterbitkan dalam sebuah jurnal bernama International Journal of Yoga. Jika yoga dikombinasikan dengan perawatan konvensional, sakit kepala migrain dapat dikurangi secara intensitas dan frekuensi.

Ada Yoga Khusus untuk Bantu Sembuhkan Migrain? | Breaktime
Yoga bisa menyembuhkan migrain

Bagaimana yoga menyembuhkan migrain?

Sebenarnya, migrain terjadi berawal dari rasa stres yang dialami pasien. Stres memainkan peran yang cukup besar dalam memicu episode kedua sakit kepala migrain dan sakit kepala karena tegang. Banyak penelitian menunjukkan bahwa yoga mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan perasaan bahagia. Bahkan, penelitian menemukan bahwa mereka yang berlatih yoga akan jauh lebih tenang  serta dan juga mengurangi cemas, tegang, depresi, marah dan lelah fisik maupun emosional.

Ada Yoga Khusus untuk Bantu Sembuhkan Migrain? | Breaktime
Migrain disebabkan karena stres dan lelah fisik

Dalam studi ini, peneliti meminta pasien berlatih yoga 5 hari dalam seminggu selama kurun waktu 6 minggu. Mereka kemudian membuat catatan harian yoga tentang perubahan-perubahan yang dirasakan tentang sakit kepalanya. Gerakan yoga yang dinilai mampu mengurangi tingkat migrain adalah latihan pernapasan, perbaikan postur dan gerakan yang bisa membantu merelaksasi tarikan otot pada punggung, tengkuk hingga kepala.

Bagaimana memulai yoga untuk mengatasi migrain?

Sebelum memutuskan untuk mengikuti pelatihan yoga, pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Setelah Anda diberikan izin untuk memulai, yang pertama Anda lakukan adalah memantapkan niat untuk sembuh. Pasalnya, jika Anda pemula Anda mungkin menemukan bahwa yoga sangat membingungkan karena memiliki berbagai gaya, gerakan dan tingkatan.

Jadi, jika tujuan Anda adalah untuk mengurangi sakit kepala migrain, mencari kelas seperti yoga pengurangan stres, terapi yoga integratif, yoga restoratif, yoga lembut, Hatha atau Kundalini. Ada banyak gaya lainnya yang cocok juga kok, B’timers.  Anda juga dapat menemukan banyak kelas yoga lembut di klub-klub kesehatan setempat, rumah sakit dan studio yoga. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk ke kelas yoga, udang saja personal trainer untuk datang rumah.

Namun ingat, yoga juga harus tetap diimbangi dengan perawatan konvensional seperti mengonsumsi vitamin dan suplemen. Nah, semoga informasi ini bermanfaat ya, B’timers! (nap)

Share This Article