Tahap Bikin Vertical Garden untuk Segarkan Rumah | Breaktime
7 Tahap Bikin Vertical Garden untuk Segarkan Rumah
16.04.2016

Harus diakui, pesona vertical garden sepertinya tak ada pudarnya. Meski sudah populer sejak bertahun-tahun silam, nyatanya si kebun berdiri ini banyak yang bertengger dengan anggun di rumah-rumah baru. Well, meski Anda bisa saja memanggil gardener untuk mempercantik dinding di halaman rumah Anda, akan lebih baik jika Anda membuat vertical garden dengan tangan sendiri. Semakin menyegarkan isi kepala dan memuaskan, bukan? Berikut 7 langkahnya!

Tentukan tipe kebun

Ada banyak tipe vertical garden yang bisa dipilih. Di antaranya adalah taman saku, rak kayu yang ditempel bersusun di dinding, tanaman gantung bertingkat, atau konsep lainnya. Nah, tugas pertama B’timers adalah menentukan tipe mana yang cocok dengan mood dan tentunya sesuai dengan keadaan sekitar. Ingat, langkah awal menentukan langkah selanjutnya. Jadi, hati-hati, ya!

Tahap Bikin Vertical Garden untuk Segarkan Rumah | Breaktime
Contoh tipe taman vertikal

Pikirkan penempatan

Vertical garden bisa diletakkan di mana saja, baik indoor maupun outdoor. Nah, jika sudah memikirkan tipe vertical garden yang tepat, tentukan di mana Anda akan meletakkannya. Selain berfungsi artistis, penempatan kebun vertikal juga akan mempengaruhi kehidupan tanaman.

Pilih tanaman terbaik

Langkah ketiga berhubungan dengan langkah pertama dan kedua. Tentukan tanaman yang tepat sesuai dengan penempatannya. Anda tidak mungkin memilih tanaman yang mudah gugur daunnya pada indoor vertical garden, kan?

Pilih tanaman sejenis

Ini murni untuk keindahan dan kerapian taman Anda, B’timers. Sebisa mungkin pilihlah tanaman dengan tipe atau jenis yang sama. Meski demikian, Anda tidak harus memilih satu tanaman saja. Maksudnya adalah tentukan apakah tanaman tersebut sama-sama cepat tumbuh dan bagaimana responnya terhadap matahari.

Mulai dengan pemahaman dasar tanaman

Jangan asal tanam. Anda juga perlu memahami dasar-dasar tanaman, khususnya untuk vertical garden. Anda bisa mendapatkan informasi dari internet atau buku. Dengan demikian Anda tak hanya akan memperindah rumah, namun juga menambah wawasan.

Tahap Bikin Vertical Garden untuk Segarkan Rumah | Breaktime
Jangan asal menanam, ya!

Tentukan sistem pengairan

Membaca buku atau artikel di internet akan membuat Anda tahu bahwa bagian yang tak kalah penting dari menanam vertical garden adalah tentang sistem irigasinya. Jangan pandang sebelah mata, B’timers. Putuskan apakah Anda akan menyiramnya secara manual atau melalui beberapa saluran air otomatis yang tentunya memakan lebih banyak budget.

Rawat dan periksa setiap hari

Kerapian dan keindahan taman vertikal Anda harus selalu diperhatikan setiap harinya. Periksalah apakah ada daun yang menguning atau ada satu tanaman yang perlu diganti. Jika tidak, jangan heran jika vertical garden Anda memburuk dari hari ke hari.

Well, selamat mencoba, B’timers. semoga rumah dan pikiran Anda selalu segar, ya! (nap)

Share This Article