7 Mitos tentang Menstruasi yang Salah Selama Ini
7 Mitos tentang Menstruasi yang Salah Selama Ini
08.02.2017

Kalau sedang haid, jangan minum air es!” Anda pernah mendapat larangan seperti itu, B’timers? Well, sayangnya sebagian besar dari kita memang tumbuh dengan mendengarkan cukup banyak mitos. Sebut saja mitos seputar menstruasi. Bahkan dengan tak adanya penelitian, banyak dari kita yang justru tetap mempercayai mitos-mitos tersebut, lho, B’timers.

Nah, inilah saatnya bagi Anda untuk mengenali mitos tentang menstruasi yang sebenarnya salah selama ini, B’timers! Wah, apa saja, ya? Di bawah ini jawabannya!

Masing-masing wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda
Masing-masing wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda

Siklus menstruasi harus selama 28 hari. Mungkin selama ini Anda merasa khawatir karena mendapatkan siklus menstruasi yang lebih singkat dari 28 hari, B’timers. Eits, jangan keburu merasa sedih dulu. Karena  sebenarnya siklus menstruasi normal untuk masing-masing wanita berkisar antara 21 – 35 hari. Dan bagi setiap wanita dewasa memiliki siklus yang berbeda. So, that’s just normal, B’timers. Jangan cemas lagi!

Darah haid adalah darah kotor. Hayoo, siapa di antara Anda yang ikut mempercayai salah satu dari mitos tentang menstruasi ini, B’timers? Well, yang sebenarnya adalah tak ada yang salah dari darah haid Anda lho. Darah haid berasal dari campuran darah, sel-sel jaringan tua dari rahim dan sekresi yang datang dari vagina dan leher rahim. Darah menstruasi sangat berbeda dengan kandungan yang ada di darah normal.

PMS atau premenstrual syndrome hanya ada di dalam kepala Anda. Wow! Jangan pernah mempercayai mitos tentang menstruasi yang salah selama ini lagi, deh, B’timers! PMS adalah suatu kondisi nyata yang dialami oleh hampir 50 % wanita. Dan PMS sangat mempengaruhi keadaan emosi mereka. PMS biasanya datang 1 – 2 pekan sebelum datangnya masa haid Anda. Rasanya sangat tidak nyaman dan mengganggu.

Tak ada yang melarang Anda bercinta selama haid, kok, B’timers
Tak ada yang melarang Anda bercinta selama haid, kok, B’timers

Bercinta selama masa menstruasi tak akan menyebabkan kehamilan. Yang sebenarnya adalah, bercinta selama haid memiliki risiko kehamilan yang jauh lebih rendah dibandingkan saat Anda berhubungan seks pada masa subur, B’timers. Namun itu tidak menutup kemungkinan Anda terhindar dari risiko kehamilan ketika bercinta saat haid. Ketahuilah, bahwa sperma dapat bertahan selama hampir 5 hari dalam vagina.

Anda dilarang untuk berhubungan seksual bersama pasangan selama masa menstruasi. Yang perlu Anda pahami adalah sebenarnya tak ada yang salah dari berhubungan seks selama masa menstruasi, B’timers. Bahkan kebanyakan wanita mengaku, tingkat keinginan seksual mereka justru semakin meningkat ketika memasuki masa haid. Dan tak ada yang kotor tentang bercinta saat haid. Cukup kenakan pelindung!

Wanita dilarang untuk melakukan latihan fisik selama masa kehamilan. Sama seperti mitos tentang haid sebelumnya, di mana wanita dilarang bercinta jika sedang menstruasi. Karena tidak ada masalah apabila Anda ingin melakukan latihan fisik selama masa periode bulanan, kok, B’timers. Bahkan kabar yang baik, dengan berolahraga, Anda bisa mengurangi rasa tak nyaman akibat PMS dan membantu tubuh segar.

Wanita rentan diserang hiu jika berenang saat haid? Mitos belaka!
Wanita rentan diserang hiu jika berenang saat haid? Mitos belaka!

Jika wanita sedang dalam masa menstruasinya, mereka dilarang berada di dalam lautan, karena berisiko diserang oleh hiu. Well, entah mitos yang satu ini datang dari mana, B’timers. Tetapi yang paling penting adalah tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa wanita lebih rentan terhadap serangan hiu. Dan lagi tak pernah ada kasus serangan hiu ataupun beruang pada wanita yang sedang mengalami haidnya.

So, itulah 7 mitos tentang menstruasi yang perlu Anda ketahui. Nah, jangan pernah lagi mempercayai mitos yang salah selama ini, ya, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE