7 Hal Ajaib ini Terjadi Jika Berhenti Minum Soda | Breaktime
7 Hal Ajaib yang Terjadi Jika Berhenti Minum Soda
02.12.2015

Anda tentu sering mendengar bahwa soda tidak baik untuk kesehatan. Nyatanya, ketika Anda berhenti mengonsumsi soda, kesehatan dan kualitas hidup Anda akan meningkat. Berikut ulasannya.

7 Hal Ajaib ini Terjadi Jika Berhenti Minum Soda | Breaktime
berhenti minum soda akan menghilangkan sakit kepala dan kecemasan

Menghilangkan sakit kepala dan kecemasan

Soda mengandung pemanis buatan bernama aspartame yang sangat berpengaruh pada otak. Pemanis buatan ini akan mengubah kimia otak, sinyal saraf, dan sistem reward, akibatnya, Anda akan merasa sakit kepala, insomnia, serta mengalami kecemasan.

Bahkan, studi di tahun 2013 silam, menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi diet soda mengalami kerusakan sel pada ujung saraf otak kecil yang bertanggung jawab akan keterampilan motorik.

Lidah lebih sensitif

Ketika berhenti minum soda, Anda mungkin akan menemukan lebih banyak rasa dalam makanan. Hal ini dipengaruhi oleh pemanis buatan yang terdapat dalam soda dan dapat menyebabkan reseptor manis di otak. Akibatnya, Anda akan terus menerus mengidam gula dan tak mudah terpuaskan.

Menjaga berat badan

Banyak orang ingin menurunkan berat badan mereka, tapi tetap mengonsumsi soda. Padahal, soda diet sekalipun akan menumpuk lemak di perut. Bahkan, penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care menyebutkan bahwa minuman ringan diet dapat meningkatkan obesitas, tekanan darah tinggi, serta meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Memperkuat tulang

Pada tahun 2014, sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi soda dapat meningkatkan kemungkinan patah tulang hingga 14 persen pada wanita menopause. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa soda dapat menurunkan kepadatan tulang dengan cepat. Nah, jika ingin tulang kuat, tinggalkan soda,ya!

7 Hal Ajaib ini Terjadi Jika Berhenti Minum Soda | Breaktime
Ketika minun soda, secara tak sadar, Anda akan memilih makanan berkualitas rendah

Memperbaiki pemilihan makanan

Kebanyakan orang akan memilih makanan yang buruk seperti burger, kentang goreng, kue, ataupun keripik kentang untuk menemani soda mereka. Namun ketika meninggalkan soda, pilihan makanan Anda juga akan menjadi lebih baik.

Menurunkan risiko diabetes

Sebuah penelitian di Diabetes Care menemukan bahwa mengonsumsi soda diet akan memicu pankreas melepaskan lebih banyak hormon insulin. Pankreas yang berkerja terlalu keras akibat meningkatnya kadar gula darah karena meminum soda kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada pankreas. Hasilnya, Anda akan memiliki penyakit diabetes. Oleh karena itu, jika ingin menurunkan risiko diabetes, sebaiknya sebisa mungkin hindari mengonsumsi soda.

Meningkatkan fungsi ginjal

Berhenti minum soda berarti membantu ginjal untuk berkerja lebih baik. Setelah berhenti minum soda, ginjal dapat berkerja optimal untuk pembersihan racun, menstabilkan tekanan darah, serta menyerap mineral.

Nah, masih ragu untuk meninggalkan soda, B’timers? (dfr)

Share This Article