Gejala Penyakit yang Terlihat Pada Wajah | Breaktime
7 Gejala Penyakit yang Terlihat Pada Wajah
29.12.2015

Beberapa jenis penyakit, biasanya ditandai dengan gejala umum seperti demam, sakit kepala, lemas, ataupun gangguan pencernaan. Namun, penyakit-penyakit berikut ini, menunjukkan gejalanya pada wajah. Apa saja ya?

Bibir kering dan terkelupas

Dehidrasi bisa menjadi penyebab kulit bibir menjadi kering, pecah-pecah dan terkelupas. Namun, bibir kering juga dapat disebabkan oleh masalah lain yang lebih serius, seperti hypothyroidism dan diabetes.

Pada hypothyroidism, bibir kering akan diikuti dengan gejala lain seperti merasa kedinginan, masalah berat badan serta kelelahan. Sedangkan pada diabetes, bibir kering akan diikuti dengan rasa haus yang ekstrim, sering buang air kecil dan pandangan kabur.

Gejala Penyakit yang Terlihat Pada Wajah | Breaktime
Bibir kering dan terkelupas bisa disebabkan oleh dehidrasi ataupun diabetes

Rambut wajah berlebihan

Pada pria, tumbuhnya jenggot, kumis, ataupun rambut pada garis rahan, bukanlah masalah besar. Namun, jika terjadi pada wanita, mungkin saja Anda mengalami sindrom ovarium polikistik. Kondisi ini akan menyebabkan ketidak seimbangan hormon pada tubuh dan mengakibatkan hormon laki-laki meninggi pada kaum wanita.

Bintik kuning pada kelopak mata

Jika Anda menemukan bintik-bintik kuning pada kelopak mata, sebaiknya segera periksakan diri Anda karena bintik ini disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi. Selain itu, seseorang dengan bintik kuning pada kelopak matanya juga memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Kantung mata membengkak

Kantung mata yang membengkak bisa saja disebabkan oleh alergi kronis yang terjadi. Hal ini disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah, atau bahkan kebocoran. Tak jarang pula, bengkak ini akan diikuti oleh rona ungu atau biru tua.

Gejala Penyakit yang Terlihat Pada Wajah | Breaktime
Jangan sepelekan bercak atau ruam pada wajah

Asimetri wajah

Tahukah Anda bahwa asimetri wajah bisa menjadi tanda awal stroke? Pasien umumnya akan merasa wajahnya berbeda, seperti salah satu sisi mati rasa ataupun tak bisa tersenyum penuh seperti biasanya. Gejala ini akan diikuti dengan kesulitan bicara dan menunjukkan gejala stroke lainnya.

Perubahan warna kulit

Beberapa masalah pada tubuh akan menyebabkan perubahan warna kulit yang terlihat. Seperti pucat yang menjadi tanda anemia, kuning yang dapat menunjukkan penyakit hati, serta warna kebiruan pada bibir dan kuku yang menunjukkan adanya masalah pada jantung atau paru-paru.

Ruam dan bercak

Ruam dan bercak pada wajah bisa mengindikasikan terjadinya penyakit autoimun. Seperti benjolan merah yang gatal dan bisa mengindikasikan penyakit celiac, dimana imun tubuh akan bereaksi terhadap gluten. Sedangkan ruam berbentuk kupu-kupu pada tulang pipi, bisa menjadi pertanda penyakit lupus. Beberapa infeksi dan alergi tertentu juga dapat memicu terjadinya ruam pada wajah.

Mengetahui gejala suatu penyakit dengan tepat dapat membantu Anda untuk menemukan pengobatan yang tepat, sehingga penyakit tak akan memburuk. (dfr)

Share This Article