7 Cara Turunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh | Breaktime
7 Cara Turunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh
20.06.2017

Di era modern seperti sekarang, mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti fast food adalah hal biasa dan bahkan menjadi kebiasaan untuk sebagian orang ya, B’Timers. Apakah B’Timers adalah salah satu dari mereka? Jika iya, B’Timers harus ekstra berhati-hati karena banyak sekali penyakit yang mengintai tubuh Anda salah satunya kolestrol.

Sebenarnya, kolestrol terbagi menjadi dua yaitu kolestrol ‘jahat’ (kolestrol LDL) dan kolestrol ‘baik’ (kolestrol HDL). Jika Anda memiliki lebih banyak kolestrol ‘jahat’, maka Anda akan lebih mudah terserang penyakit jantung. Kabar baiknya, kolestrol ‘jahat’ ini bisa dikurangi dengan cara merubah gaya hidup Anda. Memang Anda masih perlu untuk mengonsumsi obat penurun kolestrol, tapi dengan membuat perubahan sekecil apa pun itu dalam hidup Anda, maka resiko terkena penyakit lain akan berkurang. Yuk, simak cara turunkan kolesterol ‘jahat’ ini!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tanda Kolesterol Tinggi serta Saran Mengatasinya

Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans. Lemak ini biasa Anda temui pada makanan yang digoreng, dipanggang, dan margarin. Terlalu sering mengonsumsi lemak ini dapat menaikkan jumlah kolestrol ‘jahat’ Anda. Caranya untuk mengetahui makanan yang Anda konsumsi menganduk lemak trans atau tidak, cek label komposisinya sebelum membeli. Biasanya, kandungannya dicantumkan secara jelas atau menggunakan nama lain seperti partially hidrogenated oil.

7 Cara Turunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh  | Breaktime
Burger, salah satu fastfood pemicu kolestrol jahat

Jaga asupan kalori berat dan badan di skala ideal. Anda tidak perlu harus menurunkan berat badan secara drastis untuk menurunkan kolestrol. Menurukan berat badan sebesar 4,5 kg, kolestrol jahan Anda akan berkurang sebanyak 8%. Tubuh yang ideal adalah tubuh yang tidak terlalu kurus atau pun gemuk. Anda bisa mengecek berat badan yang ideal untuk tubuh Anda dengan menggunakan BMI Kalkulator. Untuk asupan kalori manusia rata-rata membutuhkan sekitar 1000-2000 kalori per harinya. Anda bisa membuat eating plan yang sesuai dengan Anda agar berat badan tetap pada indeksnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Obati Sakit Kolesterol Tinggi dengan Mudah!

Bergeraklah! Olahraga selama 2,5 jam setiap minggu akan membantu menaikkan kolestrol HDL dan mengurangi kolestrol LDL. Jika Anda baru memulainya, mulai dengan olahraga selama 10 menit secara konsisten. Olahraganya bisa apa saja selama bisa membuat Anda menikmatinya  bukan malah terbebani.

Banyak konsumsi makanan kaya serat. Mengonsumsi makanan seperti oatmeal dan kacang-kacangan merupakan salah satu cara turunkan kolesterol ‘jahat’ di tubuh Anda. Penelitian membuktikan bahwa kolestrol LDL yang terdapat di dalam tubuh berkurang ketika orang tersebut yang mengonsumsi makanan tersebut sebanyak 5-10 gram setiap harinya dibanding yang tidak. Tapi ingat, mengonsumsi makanan kaya serat ini jangan berlebihan juga. Alih-alih sehat, Anda malah terserang penyakit lain.

7 Cara Turunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh  | Breaktime
oatmeal yang kaya serat

Makan ikan. Cobalah mengonsumsi ikan sebanyak 2-4 kali setiap minggu. Omega 3 yang terkandung dalam ikan sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, mengganti daging denganikan bisa mnurunkan kadar kolestrol. Contoh ikan yang baik dikonsumsi antara lain tuna, salmon, dan sarden.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Spektakuler! Cara Mengobati Penyakit Kolesterol!

Ganti minyak Anda dengan olive oil. Orang Indonesia biasa menggunakan minyak sawit dalam mengolah makanannya. Jika Anda ingin menurunkan kolestrol, ada baiknya menggunakan minyak zaitu sebagai penggantinya. Pilihlah yang murni atau biasanya disebut extra virgin olive oil. Minyak ini bisa Anda dapatkan di supermarket-supermarket besar.

Tertawa. Benar adanya tertawa dapat bermanfaat sebagai obat. Dengan tertawa, Anda bisa menjadi lebih rileks dan kolestrol HDL Anda akan meningkat.

Itulah 7 cara turunkan kolestrol ‘jahat’ dengan efektif. Perlu ketelatenan dan kesabaran agar mencapai hasil yang maksimal. Yuk, mulai lakukan pola hidup dari sekarang! (ar)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE