7 Cara Rambut Tunjukkan Kondisi Kesehatan | Breaktime
7 Cara Rambut Tunjukkan Kondisi Kesehatan
09.04.2016

Masalah pada rambut memang bisa terjadi karena B’timers kurang telaten dalam merawatnya. Tapi, di sisi lain, masalah yang muncul, bisa merupakan sinyal di mana rambut tunjukkan kondisi kesehatan Anda. Untuk itu, kenali tanda-tandanya yuk, B’timers!

Jarang menggunakan SPF

Saat beraktivitas di luar ruangan, Anda seharusnya melindungi kulit dari sengatan matahari dengan SPF. Saat Anda jarang mengenakannya, rambut dapat menjadi rapuh, kering, serta pecah-pecah. Terlebih lagi, jika batang rambut Anda tipis, sehingga kulit kepala rentan terhadap sengatan matahari. Untuk itu, lindungi kepala dengan topi, serta gunakan SPF dengan UPF 30.

Terlalu banyak makan junk food

Junk food hanya mengandung sangat sedikit nutrisi, sehingga hati dan organ penting saja yang mendapatkan nutrisi, namun tidak dengan rambut. Akibatnya, rambut Anda akan terlihat kusam dan tipis. Untuk itu, penuhi kebutuhan nutrisi dengan makanan sehat.

7 Cara Rambut Tunjukkan Kondisi Kesehatan | Breaktime
Ganti junk food dengan makanan sehat

Terlalu perfeksionis

Sebuah studi dalam Journal of Behavioral Therapy dan Psikiatri Eksperimental, disebutkan bahwa saat seorang perfeksionis merasa tak puas atau frustasi, mereka akan menarik-narik rambut. Hal ini akan menyebabkan rambut mudah rontok.

Penyakit gigi

Apakah rambut Anda sangat mudah rontok, bahkan saat Anda menyisirnya dengan tangan? Jika iya, segera berikan perawatan terbaik untuk gigi. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Investigation, menyebutkan bahwa mutasi keratin rambut berhubungan dengan risiko tinggi gigi berlubang.

Sangat stres

Kerontokan rambut yang parah, bahkan meninggalkan bekas di kulit kepala, bisa menjadi tanda bahwa Anda sangat stres. Namun, kerontokan parah yang terjadi karena stres ini, bisa dikenali setelah 3 hingga 6 bulan. Ini salah satu cara rambut tunjukkan kondisi kesehatan.

7 Cara Rambut Tunjukkan Kondisi Kesehatan | Breaktime
Pil KB dapat menyebabkan masalah pada rambut

Menggunakan pil KB

Penggunaan pil KB, terutama di periode awal, akan menyebabkan rambut tubuh lebih halus, kering dan tidak mengkilap. Bahkan, pada beberapa wanita, pil KB bisa menyebabkan rambut menipis karena faktor hormonal.

Masalah tiroid

Perubahan ketebalan rambut yang makin menipis, bisa menjadi sinyal bahwa ada masalah dengan tiroid Anda. Selain itu, rambut yang menipid juga bisa menjadi sinyal ketidakseimbangan hormon yang berhubungan dengan sindrom ovarium polikistik. Untuk itu, segera konsultasikan kondisi kesehatan pada dokter ketika rambut mulai menipis.

Tanda-tanda yang ditunjukkan oleh rambut ini, seringkali terlewatkan karena Anda kurang memperhatikan kondisi rambut. Padahal, dengan menyadari bahwa rambut tunjukkan kondisi kesehatan dan B’timers menanganinya lebih awal, kondisi kesehatan dapat dijaga dengan baik. (dfr)

Share This Article