6 Sebab Umum Buat Kadar Kolesterol Darah Naik | Breaktime
6 Sebab Umum Buat Kadar Kolesterol Darah Naik
28.05.2017

Ketika mendengar kolesterol, apa yang langsung terpikirkan oleh Anda? sebagian orang pasti akan langsung terpikirkan berbagai macam penyakit berbahaya. Hal itu memeng tidak salah, seperti yang sudah Anda ketahui, kolesterol memang mampu memicu berbagai macam penyakit berbahaya yang tentu tidak bisa Anda anggat sepele, lho.

Kolesterol sendiri adalah zat yang tetap dibutuhkan oleh tubuh, zat lemak ini juga memiliki peranan yang penting di dalam tubuh. Namun, yang menjadikannya berbahaya adalah ketika kadar kolesterol dalam darahmelebihi jumlah normal. Apabila dibiarkan, kolesterol darah yang tinggi ini akan menyumbat aliran darah dan membuat kerja jantung menjadi lebih berat dan karena hal itulah yang akhirnya memicu berbagai macam penyakit.

Gaya hidup tidak sehat, kurangnya berolahraga dan berbagai kebiasaan buruk lain tentu menjadi penyebab utama kadar kolesterol darah menjadi tinggi. Apabila Anda sudah memiliki riwayat mengenai kadar kolesterol tinggi, hal utama yang harus Anda perhatikan adalah apa yang Anda konsumsi. Karena itulah sebenarnya penyebab umum kenapa kolesterol tiba. Kolesterol tinggi cukup sulit untuk Anda sembuhkan sepenuhnya, namun masih bisa untuk Anda tekan.

Nah, kali ini kami akan sedikit mengulas mengenai penyebab umum kolesterol darah meningkat, simak baik-baik ya.

Makanan

6 Sebab Umum Buat Kadar Kolesterol Darah Naik | Breaktime
Makanan adalah poin utama penyebab kolesterol darah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, makanan memegang peranan yang cukup tinggi dalam kenaikan kadar kolesterol. Beberapa makanan penyebab kolesterol tinggi adalah daging, susu, keju, kuning telur dan mentega. Kelima makanan tersebut banyak mengandung lemak jenuh yang memicu tingginya kadar kolesterol. Selain itu makanan ringan seperti snack, kripik dan cracker yang banyak mengandung lemak trans yang juga memicu tingginya kadar kolesterol.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Makanan

Obesitas

Sudah menjadi hal yang umum apabila obesitas akan memicu berbagai macam penyakit, dan kolesterol juga termasuk dalam penyakit tersebut. seorang yang memiliki berat badan berlebih atau kolesterol cenderung memiliki kadar koleterol jahat yang cukup tinggi.

Kurang Olahraga

6 Sebab Umum Buat Kadar Kolesterol Darah Naik | Breaktime
Kurang olahraga juga membuat kolesterol darah meningkat

Sama halnya dengan obesitas, seseorang yang kurang berolahraga juga memiliki resiko yang lebih besar memiliki kadar kolesterol tinggi jika dibandingkan dengan seorang yang rajin berolahraga. Sesibuk apapun rutinitas harian Anda, cobalah untuk luangkan sedikit waktu untuk berolahraga. Akan ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan ketika melakukannya secara rutin.

Baca Juga: http://breaktime.co.id/health/healthy-and-happy/tanda-tanda-kolesterol-bisa-bahayakan-kaki-anda.html

Rokok dan Alkohol

Tingginya kadar kolesterol ini bisa dipicu oleh konsumsi rokok dan alkohol. Seorang perokok dan pemabuk akan berpotensi memiliki kadar kolesterol tinggi lebih besar jika dibandingkan seorang yang bukan perokok dan peminum.

Usia dan Gender

Peningkatan kadar olesterol bisa terjadi pada usia diatas 20 tahun. Pada usia ini kadar kolesterol cenderung meningkat dan jika tidak dikontrol dengan baik akan menjadi bahaya yang merugikan bagi tubuh. Biasanya jika pria sudah menginjak usia diatas 50 tahun kadar kolesterolnya semakin tinggi dan untuk wanita kadar kolesterol tersebut bisa turun pada saat menopause tapi akan meningkat lagi setelahnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Beberapa Cara Mencegah Kolesterol di Usia Muda

Stress

Orang yang memiliki tingkat stres justru akan meningkatkan kadar kolesterol darah dalam tubuh. Hal ini akan semakin parah lagi ketika seorang yang memiliki stres tinggi tersebut mengkonsumsi rokok dan alkohol.

Demikianlah beberapa penyebab umum meningkatnya kolesterol dalam darah, hal tersebut bisa Anda tekan dengan melakukan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat yang rendah kolesterol.(dsa)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE