Langkah Tepat Mencegah Dehidrasi saat Olahraga | Breaktime
6 Rahasia Tetap Terhidrasi saat Olahraga
14.08.2015

Olahraga memang menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Bahkan, sudah seharusnya B’timers rutin berolahraga minimal 15 menit setiap hari. Nah, mungkin terkadang kita mengalami dehidrasi saat tengah berolahraga, misalnya saat sedang lari pagi. Salah satu penyebabnya adalah kurang minum air sebelum berolahraga. Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar tubuh tidak kekurangan cairan saat berolahraga?

Banyak minum air putih

Air putih sangat Anda butuhkan terutama saat tubuh kekurangan cairan, misalnya karena banyak berkeringat. Anda bisa minum air setiap 10-20 menit selama berolahraga agar tubuh tetap terhidrasi.

Banyak minum air membantu tubuh agar tetap terhidrasi
Banyak minum air membantu tubuh agar tetap terhidrasi

Minum sport drink dan air kelapa

Saat berkeringat tubuh kehilangan elektrolit, yakni mineral yang terdapat dalam darah dan berfungsi untuk meregulasi cairan dalam tubuh. Sport drink dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Untuk alernatif yang lebih alami, air kelapa bisa menjadi penggantinya.

Konsumsi buah-buahan

Banyak buah yang bisa menjadi sumber cairan dan elektrolit alami, meski jumlah kandungan elektrolit dalam setiap buah tak sama. Pisang dan kurma punya kandungan potasium elektrolit yang menjadikannya pilihan tepat untuk “bahan bakar” tubuh saat melakukan olahraga berat.

Atasi rasa haus Anda

Apapun yang Anda suka, entah itu air putih, jus buah atau sport drink, pastikan untuk minum kapanpun Anda merasa haus. Meski Anda tak begitu kehausan atau merasa tenggorokan kering, sedikit haus sudah merupakan pertanda dehidrasi.

Saat tubuh mulai terasa lemas itu berarti waktunya minum air
Saat tubuh mulai terasa lemas itu berarti waktunya minum air

Perhatikan otot Anda

Jaringan otot mengandung air lebih dari 75 persen, jadi ketika tubuh kekurangan air, otot mudah merasa lelah. Tetap terhidrasi membantu menjaga tubuh agar tetap kuat dan tidak lemas saat berolahraga. Jika setelah berolahraga Anda merasa kelelahan, perbanyak minum air putih.

Berhenti saat merasa pusing

Jika kepala terasa pusing saat berolahraga, itu bisa jadi sinyal tubuh yang kekurangan cairan alias dehidrasi. Itu karena saat tak ada cukup air dalam darah, volume serta tekanan darah akan menurun, sehingga menyebabkan pusing. Sebaiknya berhentilah sejenak dan minum air.

Nah, jangan sampai kegiatan olahraga yang seharusnya menyehatkan justru membuat B’timers dehidrasi. Jaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan tips tadi, ya.

Share This Article