6 Manfaat Tersembunyi Wortel Selain untuk Mata | Breaktime
6 Manfaat Tersembunyi Wortel Selain untuk Mata
26.04.2016

“Makan wortel yang banyak biar matanya sehat.” Kalimat ini terlalu umum dan klasik diungkapkan agar seseorang, terutama anak kecil mau memakan wortel. Memang, wortel kaya akan vitamin A yang bagus untuk mata. Namun, tahukah B’timers bahwa wortel juga memiliki banyak manfaat tersembunyi selain untuk mata?

Memperbaiki tekanan darah

Saat Anda mulai merasa darah naik ke ubun-ubun, makanlah wortel! Wortel adalah sumber kalium yang merupakan vasodilator yang dapat menurunkan ketegangan di pembuluh darah dan arteri. Tekanan darah tinggi juga langsung terkait dengan aterosklerosis , stroke, serta serangan jantung. Jadi, jika ingin jantung Anda sehat dan terhindar dari stroke, jangan pernah membuang wortel dari piring Anda.

Sumber daya tahan tubuh

Wortel mengandung sejumlah kemampuan antiseptik dan antibakteri yang membuatnya ideal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, wortel merupakan sayuran yang kaya vitamin C yang merangsang aktivitas sel darah putih dan merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Mengatasi masalah pencernaan

Wortel, seperti kebanyakan sayuran, juga memiliki jumlah serat makanan yang besar. Dan serat, adalah salah satu elemen yang paling penting dalam menjaga kesehatan pencernaan yang baik. Serat makanan juga membantu kotoran keluar dengan lancar dari saluran pembuangan.

Mencegah kanker

Peneliti Inggris menemukan bahwa mengonsumsi beta-karoten sebanyak 1,7-2,7 miligram atau setara 1 buah wortel per hari dapat mencegah kanker paru-paru hingga lebih dari 40 persen. Penelitian lainnya menemukan wortel dapat mengurangi risiko kanker usus besar sebanyak 24 persen. Riset lain pun meyakini bahwa perempuan yang makan wortel mentah, 5-8 kali mencegah terserang kanker payudara dibandingkan wanita yang tidak makan wortel. Wah, menyehatkan sekali, bukan?

6 Manfaat Tersembunyi Wortel Selain untuk Mata | Breaktime
Kandungan beta-karoten pencegah kanker

Menjaga kesehatan mulut

B’timers, senyawa organik dalam wortelsendiri baik untuk antioksidan mineral. Selain itu, wortel juga merangsang gusi dan menyebabkan kelebihan air liur. Perlu Anda tahu, air liur adalah zat alkali dan memerangi bakteri dan benda asing yang merupakan penyebab gigi berlubang, halitosis dan risiko kesehatan mulut lainnya.

Mengobati diabetes

B’timers, wortel baik untuk regulasi gula darah karena adanya karotenoid dalam sayuran lezat ini. Karotenoid terbalik mempengaruhi resistensi insulin dan menurunkan gula darah, sehingga membantu pasien diabetes menjalani kehidupan yang normal. Kandungan tersebut juga mengatur jumlah insulin dan glukosa yang sedang digunakan dalam metabolisme tubuh dan memberikan fluktuasi lebih sehingga dapat pasien diabetes.

Ternyata besar sekali ya, 6 manfaat tersembunyi wortel selain untuk mata. Karena itu, jangan ragu mengonsumsi wortel, ya. Apalagi untuk B’timers yang sudah memiliki buah hati, ajak si Kecil untuk rajin mengonsumsi wortel agar selalu sehat. (nap)

Share This Article