6 Hal Mengerikan yang Bikin Anda Kapok Mengigit Kuku | Breaktime
6 Hal Mengerikan yang Bikin Anda Kapok Mengigit Kuku
21.10.2015

Apa yang bisanya B’timer lakukan saat melamun atau dilanda perasaan cemas? Mengigit kuku? Well, bila iya, B’timers harus siap untuk menghentikan kebiasaan ini. Sebab, ada banyak hal yang ternyata bisa bikin Anda ilfil sampai tak tertahankan, lho. Yuk, simak ulasannya!

Bibir bisa melepuh

Tahukah Anda bahwa ujung jari merupakan sarang bagi banyak kuman, bakteri, dan jamur! Salah satu jenis kuman yang paling banyak nempel di kuku adalah Staplococcus aureus yang bisa bikin kulit iritasi seperti bibir melepuh atau radang. Oh no!

Sumber diare

Di tahun 2007, Baydas B dari Ataturk University, Turki menguji 59 orang untuk mengamati dampak kebiasan mengigit kuku pada tubuh. Hasilnya, di dalam air liur sejumlah orang tersebut ditemukan bakteri penyebab diare dan muntah seperti Escherichia coli dan bakteri menjijikkan lainnya.

Gigi jadi mudah rusak dan terkikis
6 Hal Mengerikan yang Bikin Anda Kapok Mengigit Kuku | Breaktime

Gigi tanggal dan berlubang

Siapa sangka kalau hanya sekadar mengigit kuku saja bisa merusak kesehatan gigi? Tak main-main, keseringan gigit kuku ini mengakibatkan gigi B’timers jadi berlubang, tanggal, hingga struktur rahang yang tidak rapi.

Gigi busuk

Bila B’timers saat ini menggunakan kawat gigi tapi masih sering juga mengigit kuku, waspadalah. Dr. Ansa Akram, seorang dosen kedokteran gigi di University of Bristol mengatakan bahwa kebiasaan tersebut bisa meningkatkan kasus pembusukan gigi dan kerusakan struktur gigi.

Jari bengkak

Mengigit kuku ternyata juga bikin bakteri staphylococus aureus masuk ke dalam celah kulit yang terbuka. Akibatnya, bakteri tersebut akan bersarang di sana dan membuat ujung kulit kuku jadi berwarna pucat, menyimpan nanah. Masalah ini memang bisa diobati secara medis, tapi ada juga yang harus diatasi dengan operasi.

Bikin keracunan

Masalah makin runyam bila Anda mengigit kuku berkuteks yang mengandung zat formaldehida. Dr. David Katz dari Yale University mengungkap bahwa keseringan mengigit kuku berkuteks memang tak akan memicu pertumbuhan bakteri, hanya saja Anda justru bisa keracunan.

Kuku tak bisa tumbuh

Ini juga jadi masalah yang tak kalah mengerikan, sebab keseringan mengigit kuku justru bikin kuku tak bisa tumbuh lagi. Bayangkan, akan seperti apa kusamnya warna kuku Anda bila jaringannya tak aktif tumbuh selama bertahun-tahun?

Mulai sekarang, yuk hentikan kebiasaan B’timers yang suka mengigit kuku di berbagai kesempatan. Setiap kali ingin melakukannya, segera alihkan perhatian untuk melakukan hal lainnya, ya!

Share This Article