6 Fakta Kanker Payudara Harus Diketahui Wanita | Breaktime
6 Fakta Kanker Payudara yang Harus Diketahui Wanita
16.02.2016

B’timers, Anda tentu tahu akan bahaya kanker, bukan? Apalagi kanker payudara yang rawan menyerang wanita. Agar terhindar dari bahaya kanker payudara, ada beberapa fakta penting tentang penyakit tersebut yang harus dan wajib diketahui wanita. Apa saja sih? Baca ulasan selengkapnya berikut ini.

3 jenis kanker payudara

Kanker payudara memiliki 3 tipe berbeda. Pertama, ER Positive yang merupakan kanker payudara jinak. Kanker ini kurang agresif perkembangannya dan lebih responsif terhadap pengobatan. Kedua, HER2 Positive lebih cepat tumbuh-kembangnya. Namun seperti ER Positive, tipe ini juga responisf terhadap perawatan. Ketiga, Triper Negative adalah kanker payudara yang paling bahaya. Ia cepat berkembang dan sulit merespon pengobatan.

Kanker payudara tidak selalu menjangkit wanita di usia muda

Banyak yang mengatakan bahwa kanker payudara menyerang wanita sejak di usia muda. Padahal tidak selalu demikian. Hanya karena masih muda, dan Anda mengalami keanehan pada payudara lantas Anda menduga terdapat kanker di payudara Anda. Meski demikian, akan sangat baik jika Anda melakukan pemeriksaan tahunan di awal 20 tahun dan mammogram tahunan di awal 40 tahun.

6 Fakta Kanker Payudara Harus Diketahui Wanita | Breaktime
Sebaiknya memeriksakan payudara setiap tahun

Menjadi wanita adalah risiko terbesar

Wanita tentu saja adalah yang paling berisiko mengidap kanker payudara. Berdasarkan National Breast Cancer Foundation Amerika, 99 persen kanker payudara menyerang wanita dan 1 persen sisanya menyerang pria. Sebuah penelitian menemukan perbandingan yaitu 1 dari 8 wanita didiagnosa mengidap kanker payudara dan hanya 1 dari 1000 pria mengalami hal yang sama. Karena itu, mengetahui riwayat kanker dalam keluarga juga penting untuk dilakukan.

Pengetahuan dan kesadaran adalah kekuatan

Setiap wanita harusnya tahu bagaimana hal yang normal pada tubuhnya. Dengan demikian Anda akan menyadari jika terjadi keanehan, terutama pada bagian payudara. Karena itu, pengetahuan dasar dan kesadaran harus dimiliki sehingga Anda bisa melakukan tes dasar setiap hari pada bagian yang rawan terserang kanker.

6 Fakta Kanker Payudara Harus Diketahui Wanita | Breaktime
Ketahui apa yang normal dan tidak normal pada payudara

Kanker payudara bisa dikalahkan

Meski obat khusus untuk menyembuhkan kanker masih belum ditemukan, namun kanker payudara tetap bisa dikalahkan. Harus Anda tahu, sebagian besar wanita yang memiliki kanker payudara stadium dini yakin dan memiliki harapan untuk sembuh. Selama mereka melakukan perawatan tepat yang biasanya melibatkan 3 pengobatan utama termasuk radiasi, operasi dan terapi obat.

Nah, semoga informasi di atas bermanfaat besar untuk Anda ya, B’timers. Anda juga bisa membagikan artikel ini pada orang terdekat agar memperoleh pengetahuan yang sama. (nap)

Share This Article