6 Cara Mudah Hidup Sehat Tanpa Berolahraga | Breaktime
6 Cara Mudah Hidup Sehat Tanpa Berolahraga
11.12.2015

Sekarang ini, banyak orang yang mulai peka dan berlomba-lomba untuk hidup sehat. Hal itu disebabkan karena kepedulian akan kesehatan serta biaya yang dibutuhkan ketika penyakit datang tidak main-main.

Dan olahraga adalah salah satu cara agar tubuh tetap sehat dan fit. Namun bagaimana dengan orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu hanya sekadar untuk berolahraga? Tenang, hal itu bukan masalah, kok. Ada beberapa tips mudah yang dapat B’timers lakukan untuk menghilangkan salah satu sumber penyakit, yaitu lemak tanpa harus berolahraga!

Makan secara teratur

Walaupun tetap makan 3 kali sehari, akan tetapi ada kalanya seseorang memiliki pola makan yang tidak teratur. Contohnya saja di hari Senin, sarapan pukul 06.00 dan di hari Selasa pada pukul 08:00 dan seterusnya. Hal ini justru tidak menyehatkan karena metabolisme tubuh akan terganggu.

Selain itu, jangan terlalu picky eaters, makan sewajarnya, tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak dan kunyah secara benar. Dengan melakukan hal-hal sepele tersebut, maka Anda dapat mengurangi timbunan lemak dalam tubuh.

6 Cara Mudah Hidup Sehat Tanpa Berolahraga | Breaktime
Biasakan makan secara teratur dengan nutrisi seimbang

Makan yang bergizi

Tentunya untuk mendapatkan energi, nutrisi, dan gizi yang dibutuhkan tubuh, maka B’timers harus mengonsumsi cukup buah, sayuran dan jenis lain yang memiliki kandungan vitamin berlimpah. Makanan-makanan olahan justru dapat membuat lemak akan semakin menumpuk dan membuat metabolisme terganggu.

Jangan lewatkan sarapan

Ketika tidur di waktu malam, metabolisme tubuh juga menurun dan ketika di pagi hari Anda memilih untuk tidak sarapan, maka akan terjadi gangguan dalam pencernaan. Oleh karenanya, jika Anda tidak terbiasa sarapan pagi, maka ada baiknya untuk mengonsumsi sumber karbohidrat seperti roti atau sejenisnya agar tubuh mendapatkan asupan kalori yang dapat diubah menjadi energi dan juga membuat metabolisme berjalan normal.

Berjemur

Jika B’timers ingin badan tetap fit, maka lakukanlah berjemur di bawah sinar matahari walau sebentar saja. Hal ini disebabkan sinar matahari pagi dapat memberikan tubuh Anda vitamin D yang sangat bagus untuk kesehatan metabolisme.

Mandi air dingin

Di pagi hari memang sangat dingin, apalagi harus bersentuhan dengan air. Akan tetapi, disarankan untuk mandi menggunakan air dingin di pagi hari karena hal tersebut dapat memberikan ‘kejutan’ untuk organ dalam tubuh sehingga bisa bergerak lebih cepat, termasuk juga bagian pencernaan.

Tidur yang cukup

Setiap orang dewasa dianjurkan untuk tidur setidaknya 8 jam sehari. Namun jika kurang dari itu dan hal tersebut terus terjadi setiap harinya, maka metabolisme dalam tubuh juga dapat terganggu. Oleh karenanya, selalu sediakan waktu untuk tubuh agar dapat beristirahat dengan cukup.

Mudah bukan? So, just try it by yourself, B’timers! (das)

Share This Article