6 Cara Jitu Redakan Sakit Kepala Tanpa ke Dokter | Breaktime
6 Cara Ampuh Redakan Sakit Kepala Tanpa Perlu ke Dokter
01.12.2015

Hampir setiap orang di dunia ini pasti pernah merasakan sakit kepala, ya. Dari mulai yang cenut-cenut biasa sampai migrain parah. Masalahnya, bagaimana jika sakit kepala ini kerap menyerang Anda kapan saja tanpa kenal kompromi waktu? Nah, berikut teknik pengobatan alami yang bisa Anda lakukan di rumah:

Hirup aroma minyak lavender

Selain memiliki aroma yang harum, minyak lavender ternyata juga berperan ampuh untuk meredakan nyeri kepala, lho. Anda bisa menghirupnya dengan cara meneteskan 2-3 tetes minyak lavender pada semangkuk air panas. Kemudian, hiruplah aromanya secara perlahan.

Hirup aroma minyak peppermint

Ketegangan yang terjadi pada syaraf kepala juga dapat membuat Anda merasakan migrain hebat. Atasilah kondisi ini dengan menghirup minyak peppermint. Aromanya yang segar mampu mengendorkan otot syaraf yang tegang serta memperlancar aliran darah pada tubuh.

6 Cara Jitu Redakan Sakit Kepala Tanpa ke Dokter | Breaktime
Minyak aroma terapi meredakan nyeri sakit kepala

Hirup aroma minyak basil

Tak hanya bisa disajikan sebagai sayur pelengkap pada topping pizza dan pasta, basil juga dapat diekstrak menjadi aroma terapi yang menenangkan. Ketika Anda pusing, menghirup aroma minyak basil akan bantu membuat otot tubuh jadi lebih rileks dan sakit kepala dapat berangsur-angsur sembuh.

Konsumsi biji rami

Sebagian besar sakit kepala juga dipicu karena peradangan yang terjadi dalam tubuh. Kondisi ini bisa diatasi bila B’timers mengonsumsi biji rami. Sebab, biji ini mengandung kadar asam lemak omega-3 yang bagus untuk menangani masalah peradangan dalam tubuh.

Hindari makanan tertentu

Stres yang bertumpuk serta pola makan yang sembarangan juga bisa memicu migrain hebat. Yap, konsumsi berlebih sejumlah makanan seperti cokelat, susu, selai kacang, avokad, bawang bombai, serta makanan berbumbu MSG bisa menyebabkan sakit kepala yang luar biasa. Oleh karena itu, pastikan untuk menghindari makanan tersebut ketika kepala sudah terasa tak nyaman, ya!

6 Cara Jitu Redakan Sakit Kepala Tanpa ke Dokter | Breaktime
Lakukan pemijatan kepala di area pelipis atau kepala belakang

Pijat kepala Anda

Anda juga bisa meredakan sakit kepala dengan teknik pemijatan sederhana. Ketika terasa migrain, pijatlah kepala belakang yang memiliki banyak saraf oksipital. Adanya rasa rileks pada area ini akan seketika membuat kepala terasa lebih ringan dan tak sakit lagi.

Kapanpun Anda merasa pusing datang menyerang, cobalah melakukan salah satu dari enam tips di atas. Dengan begitu Anda tak perlu merasakan nyeri mengganggu dalam waktu lama. Bila sakit masih saja terjadi, pastikan untuk segera melakukan pemeriksaan medis, ya. (vsc)

Share This Article