5 Tips Efektif Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa | Breaktime
5 Tips Efektif Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa
19.06.2015

Selain letih dan lemas, ternyata bau mulut juga menjadi masalah klasik yang kerap muncul saat B’timers berpuasa. Lalu, adakah cara untuk mengusir bau mulut sehingga Anda tetap nyaman untuk berkomunikasi dengan teman atau kolega di kantor? Yuk, simak tips-tips menarik berikut ini:

Gunakan pasta gigi ber-fluor

Menurut drg. Citra Kumalasari, SpKG, bau mulut dapat terjadi karena terjadi penumpukan bakteri yang berlebih di lidah. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan lidah dan gigi secara sempurna dengan melakukan penyikatan gigi dengan teknik tepat dan optimal serta menggunakan pasta gigi ber-fluor yang efektif membersihkan mulut.

Perbanyakminum  air putih

Dokter Citra yang juga praktik Nice Dental Care Ciputra Medical Center tersebut juga menambahkan bahwa bau mulut juga dapat timbul karena produksi air liur berkurang, berbeda ketika Anda sedang tidak berpuasa. Oleh karena itu, rangsang produksi air liur dengan minum setidaknya 8 gelas air putih saat berbuka dan sahur.

Gunakan obat kumur

Gunakan obat kumur untuk membersihkan bakteri mulut
Gunakan obat kumur untuk membersihkan bakteri mulut

Usai sahur dan berbuka, rajin-rajinlah untuk menggunakan obat kumur, utamanya yang mengandung klorheksidin yang bagus untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Namun, perlu diingat, sebaiknya B’timers tak menggunakannya lebih dari 2 minggu berturut-turut, ya.

Kurangi makanan dan minuman manis

Selain itu, cobalah untuk mengurangi makanan dan minuman yang terlalu manis lantaran hal ini justru dapat memicu timbulnya bakteri dan lubang pada gigi yang mengakibatkan bau mulut.

Perbaiki tambalan gigi

Coba B’timers ingat-ingat, apakah ada bagian gigi Anda yang selama ini ditambal? Jika ya, cobalah untuk pergi ke dokter dan memeriksakan kondisi tambalan tersebut lantaran tambalan gigi yang terlalu lama juga dapat memicu bau mulut.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan nafas segar selama bulan puasa. Selain itu, usahakan pula untuk menghentikan kebiasaan buruk lain seperti merokok usai berbuka puasa dan gantilah dengan perbanyak mengunyang permen karet xylitol.

Share This Article