5 Tanda Kurangnya Asupan Makanan untuk Sumber Energi Tubuh | Breaktime
5 Tanda Kurangnya Asupan Makanan untuk Sumber Energi Tubuh
24.09.2015
“Eat clean train dirty.”

Makanan berperan sangat penting untuk menjalankan pola hidup sehat. Namun, terkadang kita tak sadar mengonsumsi makanan dengan porsi yang sebenarnya sangat kurang. Hal tersebut membuat fungsi tubuh tidak bekerja dengan semestinya, lho. Nah, jika itu terjadi, maka Anda akan mengalami hal-hal ini:

Menghindari makan setelah berolahraga

Setelah melakukan olahraga yang menguras energi, mungkin Anda justru tidak ingin makan karena takut kalori langsung kembali menumpuk. Sebenarnya ini keliru, sebab tubuh membutuhkan nutrisi agar tetap kuat dan berenergi. Jika Anda tak ingin makan sehabis berolahraga, itu berarti tubuh Anda tak mendapat cukup asupan yang semestinya.

Baca Juga : ATURAN SARAPAN UNTUK YANG INGIN TURUNKAN BERAT BADAN

Selalu merasa lelah

Ada banyak penyebab rasa lelah dan lesu, termasuk stres, kurang tidur dan juga kurang makan. Bahkan, saat kita sedang istirahat atau tidur, tubuh juga memerlukan kalori untuk mendukung fungsi vital, seperti detak jantung, pernapasan paru-paru dan peredaran darah. Jadi, rasa lelah adalah cara tubuh memberitahu Anda untuk memperbanyak asupan makanan.

Tubuh sering lelah bisa jadi karena kurang asupan makanan
Tubuh sering lelah bisa jadi karena kurang asupan makanan

Siklus menstruasi tidak teratur

Ini merupakan salah satu tanda yang cukup serius. Periode menstruasi yang tidak teratur bisa jadi menandakan tubuh Anda tak mendapat cukup nutrisi untuk mengelola kadar hormon yang cukup. Dan ini bahkan bisa terjadi saat kita memiliki BMI (body mass index) yang normal. Ketidakseimbangan ini juga bisa memicu osteoporosis, karenanya perbanyak konsumsi kalsium.

Sering jatuh sakit

Tidak tercukupinya kebutuhan nutrisi dapat melemahkan sistem kekebalan, dan trik-trik seperti minum jus sayuran, minum vitamin C atau mengonsumsi suplemen tak bisa menggantikan kebutuhan asupan tubuh yang kurang. Jadi, jika Anda sering sakit flu misalnya, sebaiknya perhatikan kembali pola makan dan asupan Anda.

Takut dengan makanan

Memilih-milih makanan tidak sama dengan merasa takut terhadap makanan. Jika Anda tidak ingin makan bahkan saat merasa lapar, tak ingin bersosialisasi hanya karena takut akan sulit mengontrol diri saat melihat makanan, sangat mengekang dan membatasi diri soal makanan, berarti ini waktunya Anda melakukan konsultasi dengan dokter.

Itulah yang Anda alami saat tubuh kurang asupan makanan. Perhatikan betul perubahan yang terjadi pada diri B’timers dan perbaiki pola makan sehat Anda. Live healthily and happily.

Share This Article