Iniloh Tanda - Tanda Kekebalan Tubuh Mulai Melemah! | Breaktime
5 Sinyal yang Menandakan Kekebalan Tubuh Melemah
16.08.2015

Immune system atau sistem kekebalan tubuh merupakan hal yang sangat mempengaruhi kesehatan Anda. Sayangnya, rendahnya kekebalan tubuh kadang tidak disadari, sehingga memicu penyakit lainnya yang lebih serius. Nah, kalau akhir-akhir ini B’timers mengalami beberapa tanda berikut, waspadalah karena itu berarti kekebalan tubuh Anda sedang bermasalah:

Sering terkena flu dan demam

Flu dan demam jadi pertanda buruknya sistem kekebalan tubuh
Flu dan demam jadi pertanda buruknya sistem kekebalan tubuh

Suhu yang dingin atau pergantian cuaca tidak akan membuat Anda sakit jika sistem kekebalan tubuh dalam keadaan yang baik-baik saja. Tapi kalau Anda bisa dengan mudahnya terjangkit flu dan demam, itu tandanya sistem kekebalan tubuh sedang terganggu. Umumnya, orang dewasa yang sehat hanya akan terkena flu selama 2 kali dalam setahun.

Sering mengalami stres

Intensitas stres semakin meningkat? Hati-hati!
Intensitas stres semakin meningkat? Hati-hati!

American Psychological Association menyatakan bahwa orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah akan lebih sering mengalami stres. Dan jika hal ini terus dibiarkan, akan memicu munculnya berbagai gangguan kesehatan mulai dari pusing, demam, hingga masalah pencernaan.

Sering terkena alergi

Sistem immune terganggu menyebabkan sering  terkena alergi
Sistem immune terganggu menyebabkan sering terkena alergi

Memang benar jika alergi bisa terjadi karena perubahan cuaca yang sangat ekstrem. Namun kalau Anda mengalaminya dengan intensitas yang lebih sering, hal tersebut merupakan pertanda bahwa sistem pertahanan tubuh sedang memburuk.

Berat badan turun

Terjadi penurunan berat badan yang tidak sehat
Terjadi penurunan berat badan yang tidak sehat

Sistem pertahanan tubuh yang lemah bisa menyebabkan berat badan turun drastis. Mungkin tampaknya menyenangkan ya, karena akan membuat badan lebih langsing. Tapi jangan salah, penurunan berat badan secara drastis akan mempengaruhi kinerja organ vital tubuh seperti otak, jantung, dan hati.

Gampang lelah

Tubuh menjadi sangat gampang lelah daripada biasanya
Tubuh menjadi sangat gampang lelah daripada biasanya

Saat tubuh dalam keadaan fit, Anda akan merasa segar dan bersemangat di pagi hari. Tapi kalau sejak bangun tidur Anda sudah merasa malas, lelah, dan tidak bersemangat, tandanya ada yang salah dengan sistem kekebalan tubuh Anda.

Jika sinyal-sinyal tersebut sudah terlihat pada diri B’timers, segera perbaiki pola hidup, rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat, dan beristirahatlah dengan cukup.

Share This Article