5 Manfaat Tak Terduga Menari Bagi Otak | Breaktime
5 Manfaat Tak Terduga Menari Bagi Otak
26.04.2016

Tempo musik yang cepat dan bersemangat memang selalu membuat tubuh ikut bergerak seirama. Nah, jika B’timers termasuk penari profesional ataupun menari karena menyukai irama musik, mungkin alasan ini dapat memotivasi untuk terus melakukannya. Mengapa? Yuk intip jawabannya!

Meningkatkan neuroplastisitas

Penelitian yang dilakukan Albert Einstein College of Medicine di New York dan diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menemukan bahwa sering menari menurunkan risiko demensia hingga 76 persen. Hal ini karena orang-orang yang menari secara teratur memiliki cadangan kognitif yang lebih besar, kompleksitas sinapsis neuron pun akan meningkat. Kualitas saraf yang meningkat, tentu dapat menurunkan risiko demensia dengan baik.

5 Manfaat Tak Terduga Menari Bagi Otak | Breaktime
Menari dapat membuat Anda lebih cerdas lho, B’timers

Meningkatkan kecerdasan

Kecerdasan merupakan respon otak untuk mengevaluasi dan memberikan tanggapan terbaik ketika menerima stimulus. Kecerdasan yang secara sederhana merupakan proses pengambilan keputusan ini, menuntut waktu yang amat cepat hingga sepersekian detik. Untuk mengasah kecerdasan, aktivitas serba cepat adalah jawabannya, dan menari termasuk kedalam kegiatan ini. Jadi, menari merupakan cara terbaik untuk menjaga dan meningkatkan kecerdasan Anda.

Meningkatkan memori otot

Erward Waburton, mantan penari balet profesional, melakukan penelitian dan menerbitkannya dalam Psychological Science, jurnal dari Association for Psychological Science. Ia bersama timnya menemukan bahwa saat menari aspek kognitif dan fisik akan bekerja beriringan dan membantu meningkatkan memori otot. Hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kinerja di berbagai bidang.

5 Manfaat Tak Terduga Menari Bagi Otak | Breaktime
Cegah pusing dengan rutin menari

Memperlambat penuaan otak

Ketika usia menua, sel-sel otak akan mati dan sinapsis melemah, akibatnya Anda akan kesulitan mengingat kata benda dan nama orang karena hanya ada satu jalur saraf yang membawa informasi ini. Belajar hal baru, termasuk menari akan membangun sel baru dan menguatkan sinapsis, sehingga otak memiliki jalur alternatif untuk mengirimkan informasi.

Mencegah pusing

Pelatihan dan praktek menari akan membuat penari mampu menekan sinyal dari organ keseimbangan yang berada di telinga bagian dalam dan terhubung dengan otak kecil. Otak juga akan beradaptasi untuk mengacuhkan sinyal persepsi pusing. Oleh karena itu, jika Anda sering merasa pusing, tak ada salahnya belajar menari untuk mengatasi masalah ini.

Menari merupakan salah satu cara meningkatkan fungsi otak, sistem saraf, serta keseimbangan Anda. Bahkan, menari juga memicu beberapa fungsi otak, yaitu rasional, musik, kinestetik, dan emosional secara bersamaan yang akan membantu Anda mengatasi masalah otak karena usia. (dfr)

Share This Article