5 Manfaat Mengejutkan dari Makanan Berlemak | Breaktime
5 Manfaat Mengejutkan dari Makanan Berlemak
15.04.2016

Anda yang sedang bergulat dengan berat badan pasti hanya mencibir saat membaca judulnya. Karena justru makanan berlemaklah yang paling dihindari jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat. Benarkah demikian, B’timers? Ya, lemak memang digambarkan sebagai penyebab utama kolesterol tinggi, penyakit jantung dan obesitas. Namun, penelitian terbaru malah menunjukkan hal sebaliknya, lho. Wah, apa saja manfaat makanan berlemak, ya?

Baik untuk kesehatan otak

Tahukah Anda, bahwa sekitar 60 persen jaringan otak terdiri atas lemak, B’timers? Dengan melakukan diet rendah lemak, artinya Anda telah merampas bahan yang sangat dibutuhkan oleh otak. Dan ternyata bukan hanya lemak esensial dan omega 3 saja yang penting bagi tubuh, tetapi juga beberapa lemak jenuh yang selalu kita hindari selama bertahun-tahun, termasuk lemak alami hewan.

Selain itu, vitamin penting seperti A, D, E dan K yang tidak larut dalam air ternyata membutuhkan lemak untuk dapat diangkut dan diserap oleh tubuh, lho. Selain itu lemak dikatakan dapat mempertajam fungsi kognitif serta meningkatkan mood Anda.

Membantu paru-paru bekerja

Manfaat makanan berlemak lainnya adalah membantu paru-paru. Ya, paru-paru kita dilapisi dengan zat yang hampir seluruhnya terdiri dari lemak jenuh. Bayi prematur dan tidak memiliki zat tersebut, akan diberikan surfaktan untuk menjaga paru-paru mereka berfungsi dengan baik, B’timers. Nah, sudah terbukti, kan, tanpa cukup lemak jenuh, paru-paru kita akan berada dalam kondisi yang buruk, B’timers?

5 Manfaat Mengejutkan dari Makanan Berlemak | Breaktime
Minyak kelapa? Minyak zaitun? Minyak almond? Semuanya sehat!

Sistem kekebalan tubuh meningkat

Dr. Michael dan Dr. Mary Eades dalam bukunya Good Calories, Bad Calories menulis mengenai peran dari lemak jenuh yang ditemukan dalam mentega dan minyak kelapa dapat meningkatkan kekebalan tubuh, B’timers. Dengan hilangnya asam lemak jenuh dalam sel darah putih akan menghambat tubuh mengenali dan menghancurkan benda asing yang masuk, seperti virus, bakteri dan jamur.

Lemak membuat organ Anda sehat

Sebagian besar dari membrane sel dan kulit kita terbentuk berkat lemak, lho. Nah, coba bayangkan, B’timers, jika Anda tidak mengonsumsi lemak dalam jumlah yang cukup, kulit bisa menjadi kering dan pecah-pecah. Yang paling buruk setelahnya adalah, tubuh akan semakin rentan terhadap infeksi yang masuk melalui kulit kita, B’timers.

5 Manfaat Mengejutkan dari Makanan Berlemak | Breaktime
Alpukat bukan musuh yang harus dijauhi

Jantung yang sehat butuh lemak!

Banyak penelitian telah dilakukan demi mencari manfaat dari makanan berlemak. Lemak yang dikatakan harus Anda hindari selama lebih dari 50 tahun, ternyata tidak sepenuhnya memberi dampak negatif bagi kesehatan, khususnya jantung, B’timers. Berdasarkan studi di Kepulauan Pasifik yang penduduknya mengonsumsi minyak kelapa jenuh, terbukti tidak ada kasus penyakit jantung yang dilaporkan di sana.

Jadi,ambil segenggam kacang kenari, nikmati sepotong salmon yang dimasak dengan minyak zaitun dan mentega, atau tambahan sedikit minyak kelapa pada smoothie pagi Anda, dan dapatkan manfaat makanan berlemak, B’timers! (NO)

Share This Article