5 Macam Pose Meditasi untuk Menenangkan Pikiran | Breaktime
5 Macam Pose Meditasi untuk Menenangkan Pikiran
25.09.2016

Masih bingung mengenai pose sempurna untuk bermeditasi, B’timers? Well, ada begitu banyak postur dari seluruh dunia yang bisa Anda tiru, kok. Namun mungkin semua pose tersebut terlihat begitu sama. Karena beberapa elemen dasar dari postur meditasi yang digunakan adalah untuk menenangkan pikiran dan menyelaraskan tubuh. Berikut 5 masam pose meditasi untuk tenangkan pikiran Anda, B’timers!

5 Macam Pose Meditasi untuk Menenangkan Pikiran | Breaktime
Meditasi bisa dilakukan di mana saja, lho, B’timers

Duduklah dengan tenang di kursi

Gunakan kursi yang tingginya bisa sesuai dengan Anda. Atau bisa juga menggunakan bantal, jadi pantat Anda lebih tinggi dari lutut. Usahakan panggul Anda miring ke depan untuk memberikan topangan agar tulang belakang lurus. Jangan bersandar dan jagalah tulang belakang dan punggung tetap tegak lurus.

Berlutut dengan bangku meditasi

Ambil bangku kecil dan duduk dengan posisi berlutut dan membiarkan berat badan bertumpu pada lutut dan kaki. Tempatkan bantal atau alat peraga yoga di antara kaki Anda. Pose meditasi tradisional satu ini cukup nyaman dan membantu Anda menenangkan pikiran. Tapi hindari jika Anda punya masalah lutut!

Duduklah di atas bantal meditasi

Hampir mirip dengan posisi duduk untuk meditasi yang dapat membantu menenangkan pikiran sebelum ini, Anda bisa duduk di atas bantal dengan kaki disilangkan di depan tubuh. Jika lutut tidak menyentuh lantai, ambil bantal untuk mengganjalnya. Semakin sering dilakukan, Anda akan semakin fleksibel, kok.

5 Macam Pose Meditasi untuk Menenangkan Pikiran | Breaktime
Lakukan peregangan dulu sebelum bermeditasi

Burma, satu posisi umum di Asia

Ya, pose ini adalah yang paling umum di Asia, B’timers. Duduklah dengan kedua kaki saling disilangkan. Tapi usahakan kaki menempel di lantai. Namun jangan paksakan, jika lutut Anda tidak bisa menyentuh lantai. Pose yang satu ini jauh lebih mudah daripada posisi lotus, namun tetap dibutuhkan fleksibilitas.

Lotus dengan tingkat fleksibilitas

Sekali lagi, posisi lotus memerlukan tingkat fleksibilitas yang cukup tinggi. Duduklah di lantai dengan kaki bertumpu pada masing-masing paha. Demi menghindarkan kesulitan saat melakukan pose ini, usahakan untuk melakukan pemanasan dan peregangan terlebih dahulu, ya, B’timers. Pose ini mirip bunga lotus.

Siap meregangkan tubuh dengan pose meditasi untuk menenangkan pikiran, B’timers? (NO)

Share This Article