5 Hal Unik yang Terjadi Pada Otak Saat Anda Terlelap | Breaktime
5 Hal Unik yang Terjadi Pada Otak Saat Anda Terlelap
29.08.2015

Saat tubuh terasa begitu lelah, mengistirahatkan tubuh dengan tidur sejenak adalah pilihan yang tepat. Namun, tidur tak lantas membuat tubuh berhenti melakukan aktivitas, lho. Ketika manusia terlelap, otak akan terus aktif ketika semua organ lainnya ‘beristirahat.’ Dan tahukah Anda, hal-hal luar biasa yang dilakukan otak selama manusia tidur?

Memproses informasi yang didapat

Otak masih memproses informasi saat tidur ini
Otak masih memproses informasi saat tidur ini

Saat dalam keadaan aktif, manusia memperoleh berbagai macam informasi baik yang tertangkap oleh panca indera. Nah, di saat tidur, semua informasi yang diperoleh tersebut akan diproses untuk “mengirim” jawaban pada saat Anda bangun nanti. Tak heran bila Anda akan merasa lebih fresh dan memiliki banyak ide cemerlang saat bangun pagi. Hal ini pun sudah dipublikasikan dalam Jurnal Current Biology.

Membersihkan limbah dan racun

Detosifikasi saat tidur menjauhkan tubuh dari penyakit neurodegenerative
Detosifikasi saat tidur menjauhkan tubuh dari penyakit neurodegenerative

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Rochester Medical Center, ketika tidur, otak memiliki fungsi yang berbeda dengan saat tubuh dalam keadaan aktif atau bangun.

Saat tidur, otak akan melakukan “pembersihan limbah” atau disebut dengan istilah glymphatic system serta mengeluarkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini tidak dapat dilakukan otak saat manusia masih dalam keadaan terjaga. Fungsi dari pembersihan ini adalah untuk menjaga kesehatan otak serta menghindarkan B’timers dari risiko Alzheimer.

Memperkuat memori atau daya ingat

Mempertajam memori
Mempertajam memori

Akan ada jutaan informasi yang diterima, ditangkap dan disimpan dalam otak ketika B’timers masih dalam keadaan terjaga. Nah, agar informasi tersebut dapat tetap terjaga dan tertata rapi, Anda perlu tidur sejenak.

Saat tidur, otak akan menyusun informasi lebih sistematis, memperkuat memori lama, dan menciptakan memori baru dari informasi yang didapatkan. Kemampuan otak dalam melakukan hal “ajaib” ini akan menurun sampai 40% ketika manusia dalam keadaan terjaga.

Memperkuat ingatan untuk aktivitas fisik

Proses mengubah memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang
Proses mengubah memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang

Otak manusia dapat menyimpan segala informasi yang di dapatnya dalam memori jangka panjang. Dalam suatu proses yang diberi nama spindle sleep, otak dapat meningkatkan kemampuan ingatan manusia untuk melakukan aktivitas rutin yang biasa dijalani hingga hal-hal lain yang baru saja dipelajari.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari Cornell University, semakin lama tidur seseorang, maka proses pengubahan informasi yang baru saja didapatkan menjadi memori jangka panjang juga makin cepat.

Memperkuat kondisi kesehatan tubuh

Tidur bisa menyegarkan badan
Tidur bisa menyegarkan badan

Selama tidur, otak juga akan memperkuat kondisi kesehatan seseorang. Otak akan mengirimkan perintah kepada organ dan hormon terkait untuk menurunkan suhu tubuh manusia, memperlambat detak jantung, sampai dengan memperkuat pembuluh darah.

Kalau hanya dengan tidur Anda bisa merasakan berbagai manfaat menakjubkan pada otak dan tubuh secara keseluruhan, kenapa tidak mencobanya sejenak? Take a rest, B’timers!

Share This Article