Fakta Soal Mengunyah Makanan ini Wajib Diketahui | Breaktime
5 Fakta Soal Mengunyah Makanan yang Wajib Diketahui
23.06.2016

Berapa kali Anda mengunyah makanan, B’timers? Well, meskipun sebagai orang dewasa kita tak wajib lagi untuk diingatkan untuk menghitung hingga 32 kali saat mengunyah makanan, tapi masih banyak dari kita yang tidak melakukannya. Terlalu lapar biasanya membuat seseorang lupa atau malas menghitung. Hmm, simak 5 fakta wajib tahu soal mengunyah makanan di bawah ini, yuk, B’timers!

Menyerap nutrisi dengan lebih baik

Saat seseorang mengunyah makanan, artinya dia sedang memecah makanan tersebut menjadi partikel yang lebih kecil. Keuntungannya, hal ini akan memudahkan usus Anda untuk menyerap nutrisi penting makanan. Selain itu mencegah makanan yang tidak semestinya dicerna masuk ke aliran darah.

Menjaga berat badan seimbang

Nah, fakta yang satu ini sangat penting untuk diketahui semua wanita yang ingin mendapatkan berat badan seimbang, B’timers. Berdasarkan penelitian, semakin lama kita mengunyah, maka kita memiliki control atas porsi makanan yang sedang disantap, jadi tidak akan ada lagi makan berlebihan.

Fakta Soal Mengunyah Makanan ini Wajib Diketahui | Breaktime
Jika diabaikan, bisa menyebabkan masalah perut, lho!

Memudahkan kerja saluran pencernaan

Jika kita mengunyah, maka makanan tersebut akan mendapatkan paparan dari air liur yang mengandung enzim pencernaan. Jadi akan memudahkan kerja saluran pencernaan, B’timers. Ternyata salah satu dari 5 fakta wajib tahu soal mengunyah makanan ini juga membantu memecah lemak, lho, B’timers.

Mengunyah baik untuk gigi Anda

Dengan mengunyah, tulang pipi dan gigi juga akan mendapatkan latihan penting, lho. Latihan tersebut bisa menjaga gigi Anda tetap kuat, B’timers. Selain itu, air liur yang diproduksi saat mengunyah juga membantu membersihkan bakteri. Ini akan mengurangi penumpukan plak dan kerusakan gigi.

Mengurangi kelebihan bakteri pada usus

Ketika partikel besar makanan yang tidak dikunyah dengan baik masuk ke dalam perut Anda, makanan tersebut tetap akan tercena di dalam usus. Di dalamnya ada bakteri buruk yang dapat membuat busuk makanan yang masuk. Akibatnya Anda akan kembung, sembelit, sakit perut dan masalah lainnya.

Setelah membaca 5 fakta wajib tahu soal mengunyah makanan tadi, jangan sepelekan masalah mengunyah lagi, ya, B’timers? (NO)

Share This Article