5 Fakta Kesehatan tentang HIV/AIDS, Anda Tau? | Breaktime
5 Fakta Kesehatan tentang HIV/AIDS, Sudahkah Anda Tahu?
01.12.2015

Tahukah B'timers apa yang spesial hari ini? Ya, hari ini adalah hari peringatan AIDS sedunia yang ditandai dengan penggunaan pita merah di dada. Yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa penyakit yang banyak merenggut nyawa ini harus diperingati? Jawabannya adalah para relawan yang mendukung gerakan anti AIDS ingin melakukan sosialisasi agar pertumbuhan penyakit ini makin tahun makin menurun.

AIDS dikenal sebagai penyakit berbahaya yang awalnya disebabkan oleh virus HIV. Penyakit ini akan menggerogoti sistem kekebalan tubuh sampai habis dan pada akhirnya manusia tersebut akan rentan terserang penyakit. Ada beberapa fakta seputar penyakit mengerikan ini B'timers, berikut beberapa di antaranya :

1. HIV tidak menular melalui kontak fisik

HIV menular dari cairan tubuh, jadi seseorang tidak akan tertular meskipun melakukan kontak fisik seperti bersalaman, menggunakan gelas yang sama atau handuk yang sama. Penyakit ini akan menular pada seseorang melalui hubungan seksual tanpa pengaman dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril.

2. Obat belum ditemukan

Sampai saat ini, para peneliti belum menemukan obat yang cocok untuk menyembuhkan AIDS. Yang bisa dilakukan oleh dokter untuk meringankan derita para pasien AIDS adalah dengan memberikan mereka beragam obat pencegah penyakit lainnya. Itupun tetap memiliki kadar risiko tinggi, karena bagaimanapun juga obat adalah senyawa kimia yang apabila dikonsumsi berlebihan akan berakibat buruk pada tubuh.

5 Fakta Kesehatan tentang HIV/AIDS, Anda Tau? | Breaktime
Setia pada satu pasangan adalah salah satu cara ampuh hindari HIV/AIDS

3. HIV senjata biologi nomer 1 di dunia

Selain kanker, ternyata HIV lah yang menduduki peringkat 1 penyakit paling berbahaya dan mematikan di dunia. Karena efeknya yang menghilangkan sistem kekebalan tubuh, maka pasien yang mengidap penyakit ini akan berada dalam kondisi lemah. Akibatnya angka kematian pun bertambah, bahkan melebihi angka kematian penyakit kanker.

4. HIV diturunkan

Kemungkinannya sangat besar untuk menularkan penyakit ini kepada si buah hati. Akan tetapi, saat ini sudah ada beberapa obat yang mencegah sel ini masuk ke janin. Meskipun kemungkinaannya diturunkan melalui obat, penularan HIV dari si ibu ke anaknya tetap ada sehingga masih terlalu berisiko apabila dilahirkan nantinya.

5. Gejala lama muncul

Masa inkubasi dari virus HIV adalah 3-13 tahun B'timers. Sebenarnya bukan virus HIV lah yang menunjukan gejala pengrusakan pada tubuh, melainkan penyakit AIDS. HIV hanya bertugas untuk menghancurkan sistem kekebalan tubuh saja, setelah sistem kekebalan tubuh menghilang, barulah AIDS datang dengan beragam penyakit bersamanya. Sehingga tanda-tanda AIDS ini akan muncul kurang lebih 3-13 tahun setelah terinfeksi virusnya.

Mengerikan, bukan? Jadi mulai saat ini Anda harus menghindarkan diri dari penularan penyakit ini. Lakukan seks aman dan hanya bersama pasangan Anda saja. Jangan sekalipun untuk mencoba-coba berganti pasangan, karena dengan cara itu kemungkinan terjangkit penyakit ini semakin besar. (wsu)

Share This Article