5 Efek Negatif Detox yang Jarang Diketahui Orang | Breaktime
5 Efek Negatif Detox yang Jarang Diketahui Orang
23.01.2016

Saat tubuh terasa pegal-pegal tidak fit, detox memang kerap kali jadi pilihan. Lagipula, siapa sih, yang tidak ingin menggelontorkan racun dalam tubuh dengan cara mudah dan praktis? Namun, tahukah B’timers bahwa ternyata ada juga efek negatif detox bagi tubuh?

Yap, kebanyakan mengonsumsi jus segar atau teh tertentu dalam jangka waktu cukup lama ternyata bisa mengganggu kesehatan tubuh, lho. Nah, berikut dampak buruk detox yang bisa terjadi pada tubuh:

Lapar dan letih berlebihan

Seseorang yang melakukan detox berlebihan tentunya akan mengalami kekurangan kalori. Kondisi inilah yang menjadikan tubuh B’timers mudah lemas, lapar, dan letih berlebihan. Bahkan, bila kondisi ini dibiarkan wajah B’timers akan jadi pucat dan bisa-bisa jatuh pingsan.

Berat badan turun tidak sehat

Siapa yang tidak tergiur dengan penurunan berat badan secara cepat setelah menjalani detox? Tapi, hati-hati ya, sebab penurunan berat badan yang Anda alami bisa jadi tidak sehat. Terlebih bila dalam waktu seminggu Anda bisa menurunkan berat badan hingga 10 kg. Jelas ini akan merugikan tubuh dan bikin metabolisme B’timers jadi kacau. Inilah salah satu efek negatif detox.

5 Efek Negatif Detox yang Jarang Diketahui Orang | Breaktime
Detox berlebihan bisa mengakibatkan lambung perih

Gangguan lambung

Efek negatif detox  biasanya juga tak jauh-jauh dari masalah pencernaan. Umumnya, B’timers akan mengalami rasa nyeri yang teramat sangat pada bagian lambung. Terlebih bila selama ini Anda melakukan detox dengan konsumsi buah yang mengandung kadar vitamin C tanpa diiringi asupan karbohidrat secara seimbang.

Membahayakan kesehatan secara umum

Hal yang perlu Anda ketahui adalah tak sembarang orang boleh melakukan detox. Sejumlah pasien dengan penyakit jantung ataupun diabetes ada yang disarankan tidak menjalani detox sama sekali karena bisa membahayakan kesehatan secara umum.

Kenalilah lima efek negatif detox tersebut dengan seksama sebelum Anda memutuskan untuk menjalaninya. Selain itu, B’timers juga bisa mencoba untuk konsultasi dengan dokter terlebih dulu guna mengetahui jenis detox apa yang bisa dilakukan. (vsc)

Share This Article