5 Eating Disorder Selain Bulimia dan Anoreksia | Breaktime
5 Eating Disorder Selain Bulimia dan Anoreksia
09.06.2016

Gangguan makan paling umum yang kita kenal adalah anoreksia dan bulimia. Namun sebenarnya ada lebih dari itu, lho, B’timers. Sebuah perilaku yang menyimpang mengenai nafsu makan dan berat badan yang berlebihan termasuk gangguan yang perlu diperhatikan juga, lho. Dan berikut 5 eating disorder selain bulimia dan anoreksia yang perlu Anda ketahui, B’timers!

Orthorexia

Seseorang dengan gangguan makan ini akan berusaha untuk menghindari makanan yang dianggap tidak menyehatkan. Termasuk di dalamnya makanan yang mengandung lemak trans, pewarna atau perasa buatan, sirup jagung tinggi fruktosa serta bahan pengawet.

Mengunyah dan meludah

Tahun 2008, kebiasaan ini masuk ke dalam kategori mengejutkan di gangguan makan, lho. Orang yang mengunyah lalu meludahkan makanannya, cenderung memilih makanan tinggi gula, garam dan lemak. Setelah kandungan dari makanan tersebut hilang, maka orang tersebut akan meludahkannya.

Night eating syndrome

Salah satu dari 5 eating disorder selain bulimia dan anoreksia adalah mengonsumsi makanan ringan tengah malam. Kondisi ini adalah ketika seseorang mengonsumsi setidaknya seperempat dari asupan harian setelah makan malam atau saat mereka bangun di tengah malam tanpa memiliki kontrol atas apa yang dia makan.

5 Eating Disorder Selain Bulimia dan Anoreksia | Breaktime
Sering makan tengah malam? Mungkin itu gangguan makan, B’timers!

Purging disorder

Mereka dengan gangguan membersihkan akan membuat diri mereka muntah atau menggunakan obat pencahar untuk mengeluarkan apa yang telah dimakan. Bahkan meskipun mereka hanya makan dalam jumlah yang sedikit saja, B’timers. Beberapa cenderung memiliki kecanduan obat pencahar.

Gangguan pesta makan

Penderita gangguan ini mampu menghabiskan porsi makanan saat pesta melebihi kemampuannya. Tidak hanya orang kurus, namun orang gemuk bisa mengalaminya, lho. Yang mengerikan, mereka bahkan tidak berusaha membatasi makanan setelah pesta.

Dan ternyata 5 eating disorder selain bulimia dan anoreksia yang sering kita sepelekan bisa memberikan dampak buruk juga bagi kesehatan, ya, B’timers? (NO)

Share This Article