5 Bukti Tidur Siang Lebih Baik dari Tidur Malam | Breaktime
5 Bukti Tidur Siang Lebih Baik daripada Tidur Malam
27.06.2016

Suka tidur siang tidak, B’timers? Seperti yang kita ketahui, tidur siang dapat mengembalikan konsentrasi kita. Dan menurut penelitian, tidur siang dapat membantu menyembuhkan dan mengindari berbagai penyakit berbahaya. Bahkan ada 5 bukti tidur siang lebih baik daripada tidur malam, lho, B’timers. Simak buktinya berikut, yuk, B’timers!

Meningkatkan daya ingat otak

Ternyata tidur siang memiliki manfaat bagi otak. Itulah mengapa tidur siang sangat baik bagi lansia. Karena dengan bertambahnya usia, mereka cenderung mudah melupakan ingatan masa lalu. Sementara manfaat tidur siang untuk anak-anak, adalah dapat meningkatkan kerja otak dalam mengingat sesuatu.

Meningkatkan kewaspadaan

Dari studi yang dilakukan NASA menemukan bahwa 40 menit tidur siang meningkatkan kewaspadaan sampai 100 %, B’timers. Dan menurut penelitian lain, 20 menit tidur siang jauh lebih efektif dari 200 mg kafein atau olahraga. So, jangan paksakan untuk bekerja jika Anda mengantuk di siang hari.

5 Bukti Tidur Siang Lebih Baik dari Tidur Malam | Breaktime
Jangan paksakan jika rasa kantuk itu datang, B’timers

Mengatasi insomnia

Ada pula salah satu dari 5 bukti tidur siang lebih baik daripada tidur malam yang ternyata cukup mampu mengatasi insomnia, B’timers. Kesulitan tidur di malam hari tak hanya buruk bagi kesehatan, melainkan juga bisa membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi sampai meningkatkan risiko kecelakaan.

Mencegah penyakit jantung

Nah, ketika Anda memaksakan untuk tetap terjaga, meskipun mata sudah tidak kuat, maka yang terjadi adalah jantung akan bekerja lebih kencang, B’timers. Yang akan semakin memperparah kondisi tubuh, jika Anda juga mengonsumsi kopi atau minuman berenergi lainnya yang mengandung kafein.

Menjaga kesehatan tubuh

Kurangnya tidur dapat menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh Anda. Kortisol dikenal juga sebagai hormon stres, B’timers. Kelebihan kortisol di dalam tubuh Anda ternyata akan meningkatkan ketidakseimbangan glukosa dan lemak perut, melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh

Dengan 5 bukti tidur siang lebih baik daripada tidur malam, Anda tetap jangan meremehkan tidur di malam hari, ya, B’timers? (NO)

Share This Article