5 Alasan Mengapa Liburan Bagus untuk Kesehatan | Breaktime
5 Alasan Mengapa Liburan Bagus untuk Kesehatan
31.01.2016

Siapa sih yang tidak suka pergi liburan? Liburan selalu ditunggu-tunggu setiap waktu, terutama Anda yang kesehariannya diisi dengan pekerjaan yang melelahkan. Tak heran jika liburan selalu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Pasalnya dengan liburan ternyata Anda mendapatkan manfaat kesehatan yang besar.

Lantas, apa saja yang membuat liburan baik untuk kesehatan?

Makanan

Liburan memungkinkan Anda untuk mengonsumsi makanan yang belum pernah Anda coba. Tubuh Anda mungkin kekurangan energy karena aktivitas pekerjaan yang padat yang membuat Anda makan seadanya. Nah, dengan berlibur dan melakukan wisata kuliner, kebutuhan nutrisi Anda yang kurang setidaknya akan terpenuhi.

5 Alasan Mengapa Liburan Bagus untuk Kesehatan | Breaktime
Sinar matahari menghindarkan Anda dari kesedihan

Sinar matahari

Terlampau sering menerima sinar matahari secara langsung memang bisa menyebabkan kanker. Namun, kekurangan sinar matahari juga bisa menyebabkan seasonal affective disorder (SAD) atau serangan kesedihan di musim tertentu. Dengan demikian, liburan akan sangat baik untuk Anda yang merasa kurang mendapat sinar matahari.

Tidur

Pekerjaan yang banyak dengan deadline ketak mungkin membuat Anda kurang tidur. Akibatnya, daya tahan tubuh Anda melemah dan penyakit mulai bersarang. Tak hanya itu, kurang tidur juga bisa membuat Anda terserang penyakit mental. Nah, dengan berlibur Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan tidur yang cukup untuk recharging kekuatan Anda agar kinerja tubuh semakin optimal.  

5 Alasan Mengapa Liburan Bagus untuk Kesehatan | Breaktime
Tidur untuk recharging daya tahan

Air laut

Jika Anda memiliki waktu libur yang cukup, cobalah untuk mengunjungi pantai. Sebuah penelitian menemukan bahwa mendengarkan gemuruh deburan ombak di laut atau pantai dapat mengubah pola gelombang di otak yang sekaligus melakukan reset pada otak Anda yang mungkin kelelahan.

Kandungan garam pada air laut juga bisa berfungsi untuk detoksifikasi tubuh. Garam diketahui bisa membersihkan kotoran dari dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih bersih dan lebih remaja.

5 Alasan Mengapa Liburan Bagus untuk Kesehatan | Breaktime
Kandungan garam laut berfungsi sebagai detoksifikasi

Kenangan

Hal terbesar yang bisa Anda dapatkan dari berlibur adalah kenangan. Kenangan tidak hanya berarti kenangan namun juga bisa memberikan manfaat besar secara psikologis. Kenangan bisa memberikan manfaat di masa depan ketika pikiran Anda mulai kelelahan dan merasa kebosanan. Dengan berpikir kembali tentang kenangan, B’timers akan merasa lebih relaks dan bahagia, sehingga Anda terhindar dari serangan depersi dan penyakit mental lainnya.

Nah, sekarang Anda tahu bukan, kenapa liburan sangat baik untuk kesehatan? Jadi, jika ada waktu untuk berlibur, manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya ya, B’timers! (nap)

Share This Article