5 Akibat Mengerikan dari Keseringan Begadang | BREAKTIME
5 Akibat Mengerikan dari Keseringan Begadang
15.04.2015

B’timers hobi begadang? Di tengah sibuknya aktivitas sehari-hari ditambah lagi dengan banyaknya pekerjaan kantor, begadang menjadi salah satu pilihan untuk menyelesaikan seluruh tugas tepat waktu. Tapi hati-hati lho, meski terkesan sepele, efek jangka panjangnya bisa sangat buruk untuk kesehatan seperti berikut ini:

Gangguan kejiwaan

Mungkin tampak tak masuk akal, tapi kurang tidur dalam jangka waktu yang lama memang bisa membuat seseorang kesulitan membedakan mimpi dan kenyataan. Orang yang kurang tidur juga lebih mudah mengalami halusinasi yang membawa pada perubahan kepribadian.

Obesitas

Orang yang kurang tidur cenderung akan makan berlebihan, karena itulah mereka rentan dengan obesitas atau kegemukan. Selain itu, efek lain seperti stress dan depresi juga bisa membuat berat badan bertambah.

Menurunnya sistem kekebalan tubuh

Jika terus-menerus kurang tidur, tubuh Anda jadi tak berdaya “mengusir” penyakit yang menyerang. Hal ini dikarenakan tidak adanya kekebalan tubuh yang berfungsi melindungi Anda dari berbagai serangan penyakit. Jangankan kekebalan tubuh, energi untuk beraktivitas saja tidak dimiliki oleh orang yang kurang tidur.

Daya ingat menurun

Saat tidur di malam hari, otak memproses semua informasi yang telah dikumpulkan sejak pagi hari dan memrosesnya menjadi memori. Jika B’timers kurang tidur, maka otak takkan mampu menyimpan banyak memori dan hal inilah yang membuat seseorang menjadi pelupa.

Hilang kendali atas diri sendiri

Kurang tidur menyebabkan produksi hormon alami tubuh menurun, yang berujung pada gangguan sistem metabolisme dan mood. Hal inilah yang membuat Anda jadi sulit mengontrol diri.

5 Akibat Mengerikan dari Keseringan Begadang | BREAKTIME
kurang tidur bisa merusak mood

Wah, B’timers tentu tidak ingin mengalami gangguan kesehatan “hanya” karena kurang tidur, kan? Bekerja semaksimal mungkin memang tak dilarang, tapi berikan juga waktu pada tubuh untuk beristirahat dan memulihkan kondisinya, ya!

Share This Article