Pertolongan Pertama Cegah Kematian Saat Tersedak | Breaktime
4 Pertolongan Pertama Cegah Kematian Saat Tersedak
29.10.2015

Banyak orang menganggap remeh perkara tersedak. Padahal, jika tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan nyawa melayang karena jalannya pernafasan tersumbat. Maka dari itu, jika Anda melihat teman, saudara, bahkan orang asing yang tersedak, segera lakukan pertolongan pertama berikut ini:

Pertolongan Pertama Cegah Kematian Saat Tersedak | Breaktime
Segera lakukan pertolongan pertama dengan cara yang benar saat melihat orang tersedak

     1.  Membersihkan jalan pernafasan

Instruksikan mereka yang tersedak untuk batuk. Sebab aktivitas ini bantu membersihkan penghalang jalannya pernafasan.

     2.  Memukul punggung

Lakukan langkah berikut, berdirilah di belakang orang tersebut peganglah perutnya menggunakan satu tangan dan instruksikan untuk sedikit membungkuk ke depan. Secara perlahan, tepuklah punggungnya di bagian antara tulang bahu dan tulang belakang. Ulangi tepukan ini sampai 5 kali dan periksa mulutnya.

     3.  Berikan tekanan pada perut

Gengam tangan dan acungkan ibu jari Anda. Gunakan ibu jari ini untuk ‘menusuk’ perut bagian dalam dan mengarahkannya ke atas. Cara ini bantu untuk memasukkan udara ke dalam paru-paru dan membantu benda yang menyebabkan tersedak keluar.

    4.   Panggil unit gawat darurat

Jika setelah semua hal yang Anda lakukan belum memberikan hasil, langkah yang selanjutnya adalah segera memanggil unit gawat darurat. Namun, sebelumnya lakukan tahap nomor 2 dan 3 sebanyak tiga kali.

Namun, berhati-hatilah jika dia yang Anda tolong pernah memiliki riwayat gangguan perut. Selain itu,  pastikan untuk melihat tersedak yang diderita, apakah parah atau biasa saja. B'timers harus segera memanggil unit gawat darurat untuk memeriksanya. Terlebih bila orang tersebut kesulitan bernafas, bibir berubah kebiruan, sulit bicara, bahkan sampai pingsan. 

Share This Article